Senin, 26 September 2011

Menganalisa Kerusakan Laptop


Menganalisa Kerusakan Laptop ImageMenganalisa kerusakan laptop membutuhkan kejelian dan kesabaran. Jangan terburu-buru memutuskan sebelum melakukan cek secara keseluruhan kondisi laptop anda. Berikut ini adalah beberapa permasalahan laptop yang sering terjadi :
Mati atau Power Failure
Untuk kasus mati yang perlu anda cek pertama kali adalah batery laptop anda.  Kemungkinan batery laptop anda habis total. Coba lakukan pengisian dan tunggu kira-kira 1/2 jam. Penyebab lain adalah adaptor laptop yang tidak berfungsi. Anda dapat cek dengan lampu indikator carger di laptop menyala ketika laptop di kasih adaptor. Jika lampu indikator tidak nyala, ada kemungkinan adaptor yang rusak ataupun konektor power boardyang rusak atau board laptopnya yang rusak. Kemungkinan lain board laptop mati total sehingga menyebabkan laptop mati total sama sekali.
Lampu power nyala tapi layar LCD tidak menampilkan gambar.
Coba cek dengan memasang monitor eksternal pada port VGA di laptop anda. Kemudian hidupkan laptop anda, jika laptop masih mati, kemungkinan kerusakannya adalah VGA, Prosessor, mainboard, IC BIOS, atau RAM yang kotor atau rusak. Coba lakukan cek satu per satu.
Dan jika monitor eksternal hidup dan tampil gambar dengan normal, kemungkinan kerusakan ada di inverter LCD, kabel flexibel LCD, ataupun LCD monitor anda. Jika kerusakan ada di Layar LCD, maka anda harus mengganti Layar LCD tersebut, karena layar LCD tidak bisa diperbaiki.
Masalah Pendinginan Laptop
Permasalahan umum yang sering dihadapi pemakai laptop adalah masalah panas, bagaimanapun juga panas adalah musuh utama dari laptop, hampir 75 % kerusakan laptop disebabkan panas yang berlebihan. Apalagi di dalam casing laptop hampir tidak ada ruang kosong semuanya dipenuhi dengan komponen. Masalah yang sering muncul dibagian ini adalah tersumbatnya saluran pembuangan panas pada heatsink karena tertutup oleh debu. Hal ini menyebabkan panas yang seharusnya dikeluarkan kembali masuk ke dalam laptop. Akibatnya suhu di dalam laptop meningkat dari yang seharusanya diperbolehkan. Hal ini dapat menyebabkan over heating pada VGA chip, Procesor, dan komponen mainboard laptop yang lain.
Masalah Port dan Konektor Power
Masalah ini juga sering terjadi. Hal ini diakibatkan oleh retaknya solderan yang ada di konektor ataupun port tersebut. Retaknya solderan disebabkan oleh panas dan umur dari laptop itu sendiri. Solusinya adalah melakukan solder ulang terhadap bagian yang mengalami keretakan solderan.
Semoga bermanfaat!

Cara Reset Printer Canon IP1980 Secara Total


Bagi Anda yang mempunyai Printer Canon IP 1980, mungkin suatu saat akan mengalami pinter yang Anda pakai tidak bisa langsung mencetak dokumen, lampu indikator berkelap-kelip dan muncul pesan “The ink absorber is almost full”.
Cara Reset Printer Canon IP1980 Secara Total Image
Solusi sementara yang mungkin Anda lakukan adalah menekan tombol RESUME seperti yang diperintahkan dalam pesan tersebut. Untuk sementara Anda bisa mencetak dokumen, tetapi kejadian ini terus berulang dan bahkan mungkin sampai printer tersebut hanya menampilkan lampu indikator yang nge-blink saja, tidak bisa ngeprint sama sekali.
Kondisi tersebut sebenarnya umum terjadi pada printer inkjet. Pada printer tersebut terdapat tempat pembuangan tinta atau biasa disebut waste ink tank, didalam tempat pembuangan ini terdapat bahan semacam busa (ink absorber) untuk menyerap tinta buangan dari Catridge, misalnya ketika printer melakukan proses cleaning head.
Untuk mencegah melubernya tinta buangan tersebut, maka pihak pabrikan membuat semacam counter yang akan menghitung jumlah print out dari printer, ketika telah mencapai batas tertentu itulah kondisi “waste ink tank full” atau “ink absorber is full” terjadi dan biasa ditandai dengan indikator LED yang kelap-kelip.
Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa melakukan dengan cara mereset printer secara manual atau dengan menggunakan tool resetter printer. Kekurangan dari mereset printer secara manual yaitu ketika listrik mati akan terjadi lagi kondisi “ ink absorber full” atau semacamnya dan printer harus di-reset kembali.
Dalam artikel ini saya akan coba berbagi pengalaman tentang cara mereset Canon IP1980 secara total dengan cara manual dan dilanjutkan dengan menggunakan tool resetter sehingga printer bisa normal kembali.
Cara Reset Canon IP1980 Secara Total
  1. Download terlebih dahulu General Tool Canon IP1900 series, Anda bisa mendownloadnya disini
  2. Matikan Printer, lalu lepaskan kabel power
  3. Sambil menekan tombol ON pasang kembali kabel power
  4. Masih tetap menekan tombol ON, tekan 2x tombol RESUME
  5. Lepaskan kedua tombol.
  6. Dalam tahap ini printer dalam kondisi temporary reset dan untuk meresetnya secara total, jalankan aplikasi General Tool Canon IP1900 yang telah Anda download.
  7. Tunggu sejenak sampai program mendeteksi adanya printer seperti terlihat pada gambar dibawah.Cara Reset Printer Canon IP1980 Secara Total Image
  8. Setelah printer terdeteksi, centang pilihan EEPROM Clear dan klik tombol Test Pattern 1
  9. Masukan kertas kosong karena printer akan segera melakukan print test.
  10. Setelah printer selesai ngeprint, klik tombol Main dan Platen kemudian klik tombol Quit untuk keluar.
Sekarang Anda telah melakukan reset  Canon IP1980 secara total. Untuk mencobanya silahkan matikan printer kemudian nyalakan lagi, klo Anda berhasil maka printer akan kembali normal dan bisa dipake untuk ngeprint kembali tanpa terganggu pesan error seperti diatas.

Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5


Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 ImageHampir semua laptop yang ada sekarang memiliki fitur webcam sebagai bawaannya. Seberapa sering kita memanfaatkannya? Aplikasi Online yang menyediakan Live Streaming webcam pun rupanya tidak jauh berbeda halnya dengan aplikasi streaming video, dimana sebagian besar menggunakan Flash sebagai platformnya. Hanya saja untuk mentransmisikannya, diperlukan Flash Media Server atau alternatifnya, Red5.
Pada flash kita dapat menembus kamera dengan cara membuat objek sebuah camera, kemudian dengan methodgetCamera() gambar yang ditangkap oleh kamera di komputer kita menjadi sebuah live video. Nah, untuk melihat hasil video tersebut secara local (tanpa melalui koneksi streaming), kita dapat meng-attach –nya di sebuah objek movie yang kita buat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buat sebuah file flash baru dengan action script 3.0. Caranya klik menu File > New > General > ActionScript 3.0Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  2. Pada panel, Properties tuliskan Webcam di kolom document class. Bila muncul warning abaikan saja, karena definisi class ini akan kita buat nanti. Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  3. Simpan file flash ini, klik menu File > Save As.
  4. Buatlah sebuah file ActionScript eksternal yang mendefinisikan class dokumen kita, caranya klik menu File > New > General > ActionScript FileMembuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  5. Tuliskan Script berikut pada pada file ActionScript tersebut:
  6. 1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    12
    13
    14
    15
    16
    17
    18
    19
    20
    21
    22
    23
    24
    package
    {
        import flash.display.Sprite;
        import flash.media.Camera;
        import flash.media.Video;
        public class Webcam extends Sprite
        {
            private var webcam:Video = new Video();
            private var camera:Camera;
            private var camQuality:int = 80;
            private var fps:int = 30;
            public function Webcam():void {
                webcam.width = 640;
                webcam.height = 480;
                camera = Camera.getCamera();
                camera.setQuality(0, camQuality);
                camera.setMode(webcam.width, webcam.height, fps);
                webcam.attachCamera(camera);
                this.addChild(webcam);
            }
        }
    }
    Perhatikan code diatas, disini kita men-settings ukuran video pada layar sebesar 640 x 480 dengan kualitas 80, dan nilai FPS sebesar 30. Sederhana bukan?
  7. Klik menu File > Save As. Simpan file ini dengan nama Webcam.as pada folder yang sama dengan tempat kita menyimpan file Flash sebelumnya.
  8. Sekarang kembali ke File Flash untuk mengecek settingan publish, dan kemudian mem-publisnya. Klik menu File > Publish SettingsMembuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  9. Checklish pilihan HTML untuk mendapatkan hasil SWF yang di embed ke sebuah file HTML, agar kita dapat melihat hasilnya nanti melalui web browserMembuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  10. klik pilihan publish, atau tekan Shift+F12 pada keyboard. Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  11. lihat file HTML yang keluar, buka file ini dengan web broser yang kita punya. Jika sukses, maka pada awal tampilan Flash keluar akan menunjukkan sebuah dialog konfirmasi , ini muncul karena Flash Player memiliki prosedur standar untuk menjaga keamanan dan privasi dimana pada flash movie ini kita mencoba untuk meng-akses kamera webcam yang ada di komputer. Klik Allow untuk melanjutkan. Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  12. Akhirnya, wajah anda yang tersorot webcam pun muncul di browser jika anda memiliki fasilitas Cam. Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
Bagi yang ingin mendapatkan Source File secara lengkap bisa di download di: http://v5.indowebster.com/webcam_1.html

Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel.


Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. ImageMembuat pengolahan data penelitian atau data administrative tidak selalu dengan program-program statistik, ternyata Microsoft excel juga mampu melakukan hal tersebut.
Seorang mahasiswa kebingungan saat diberi tugas dosennya untuk membuat data statistik, karena pada laptop maupun PC nya tidak ada program statistik. Dalam benaknya, data statistik harus diolah dengan program statistik, misalnya SPSS, SAS, dan lain sebagainya.Yang lebih lucu lagi mahasiswa tersebut justru kaget begitu diberitahu bahwa data statistik dapat diolah dengan program Microsoft Excel. Dia mengira bahwa Microsoft Excel hanya ada fungsi-fungsi statistik yang pemakaiannya sangat terbatas pada statistik itu sendiri.
Demikianlah gambaran sebagian orang tentang kegunaan dari program Microsoft Excel dalam pengolahan data statistik. Untuk itu pada tulisan ini, FastNCheap akan mengajak anda untuk bermain statistik bersama Microsoft Excel 2010.
Statistic adalah ilmu dan seni atau teknik untuk mengumpulkan data, menyajikan data, mengumpulkan data dan mengambil kesimpulan berdasarkan data yang berhasil dihimpun.
Cara Mengaktifkan Referensi Tools Statistik Pada Excel 2010.

Microsoft Excel 2010 sudah menyediakan dua fasilitas untuk mengolah data statistic, yaitu dengan memanfaatkan fungsi-fungsi statistik yang ada, dan perintah analisis yang merupakan perintah tambahan (add-in) sehingga tidak ditampilkan pada menu utama Microsoft Excel 2010.
Sebelum dapat menggunakan perintah data analisis, langkah pertama yang harus dilakukan adlah mengaktifkan referensi tools yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel , di mana langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Aktifkan program Microsoft Excel hingga terdapat worksheet kosong.
  2. Klik Office button Microsoft Excel yang berada di ujung kiri atas jendela utama.
  3. Klik Menu Options yang berada dalam kumpulan menu vertical, mulai dari menu back sampai exit.
  4. Sebuah kotak dialog Excel Options ditampilkan, dan klik menu add-ins yang ada di jendela sebelah kiri.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  5. Pilih dan Klik Analysis tool pack pada daftar aplikasi add-ins yang tidak aktif.
  6. Klik tombol Go, dan sebuah kotak dialog add-ins ditampilkan.
  7. Berikan tanda check (lihat gambar) pada kotak check analysis tool pack.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  8. Terakhir, klik tombol OK dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi berakhir.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
Cara melakukan analysis stastik deskriptif dengan Excel bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang sebenarnya siapa saja bisa melakukannya.  Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam standar proses analysis adalah sebagai berikut :

  1. Dari menu utama MS.Excel, klik menu Data (lihat gambar).Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  2. Klik menu Data Analysis pada grup analysis dan sebuah kotak dialog data analysis ditampilkan (lihat gambar).
Analysis statistik yang akan di lakukan adalah mencari ukuran pemusatan dari segugus data yang diolah. Ukuran pemusatan merupakan sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data yang telah diurutkan, dari yang terkecil sampai yang terbesar. Ukuran pemusatan yang paling banyak antara lain :
  • Mean.
Mean merupakan nilai rata-rata atau nilai tengah dari segugus data.
  • Median.
Median merupakan nilai yang berada di tengah dari segugus data setelah diurutkan.
  • Modus.
Modul merupakan nilai yang paling sering muncul dari segugus data yang ada.
Contoh :
Hitung nilai mean, median, modus dari segugus data nilai Ujian Akhir Semester, yaitu: 95, 75, 70, 80, 75, 68, 80, 78, 97, 85, 64, 100, 70, 67, 90, 68, 65, 89, dan 75.
Jawab :
  1. Input-kan data-data UAS (lihat gambar).
    Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  2. Klik menu Data pada menu Utama MS.Excel , dan klik menu Data Analysis yang ada di grup Analysis.
  3. Pada kotak Dialog Analysis , pilih menu Descriptive Statistik, dan klik tombol OK untuk keluar dari kotak dialog tersebut.
  4. Selanjutnya ditampilkan kotak dialog Descriptive Statistics.
  5. Klik button pada Input Range, dan masukkan data kedalam kolom Input Range, yaitu dengan cara mem-blok data pada sheet (lihat gambar).Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  6. Berikan tanda cek pada Label in First Row jika cell yang dimasukkan tadi memuat label dari data.
  7. Klik Output Range, klik pada kolom output range, dan tempatkan pointer pada sembarang cell yang kosong.
  8. Berikan tanda cek pada pilihan Summary Statistics.
  9. Klik tombol OK.
    Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image


Simpulan :
Dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai rata-rata (mean) adalah 77, 8, nilai median 75, dan nilai modus adalah 75.


HISTOGRAM
Dan tutorial yang terakhir adalah mengenai histogram.
Pasti sudah pada bosan lihat tutorialnya kepanjangan kan? Jangan khawatir, ini yang terakhir kok.
Sedikit bercerita dahulu, Kata Histogram berasal dari kata Yunani yaitu Histos dan Gramma.
Microsoft Excel 2010 menyediakan fasilitas untuk membuat histogram, yaitu melalui perintah Histogram pada kotak dialog Data Analysis.
Contoh :
Buat sebuah histogram dari hasil penjualan buku perhari selama satu bulan, dimana bentuk datanya adalah sepert gambar dibawah ini.
Jawab :
  1. Klik menu Data, dan pada grup Analysis klik menu Data Analysis.
  2. Pada kotak dialog Analysis, klik menu Histogram.
  3. Klik tombol OK sampai tampil kotak dialog Histogram.
  4. Masukkan data penjualan buku tersebut pada kolom Input Range, dan abaikan isian Bin Range.
  5. Berikan tanda cek pada kotak cek Pareto (Sorted Histogram). Cummulative Percentage, dan Chart Output.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  6. Klik tombol OK, hasil proses pembuatan Histogram lihat gambar dibawah.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
Sekian dulu tutorial bermain statistik dengan Excel  ini. Semoga bisa menjadi pembelajaran buat semua pengunjung setia blog fastncheap.
Tambahan lainnya untuk stastik yang lebih deskriptif bisa di lihat di http://id.wikipedia.org/wiki/Statistika_deskriptif .

Minggu, 18 September 2011

Menyembunyikan File Rahasia kedalam Gambar

Hallo udah lama nih gak nulis2 disini, maklum lagi sibuk2nya bengong nih :D
Sekarang tu orang udah pada pinter2 yah ??
kalo ada file2 yang berbau2 gimana gitu pasti langsung diklik kanan >> properties >> hidden,
Cuma trik ini mah trik lama tinggal di view hidden file udah pada nongol lagi deh tuh file2 rahasia kita :oops:
Nih ada cara keren nih, jadi nanti file2 kita yang pribadi misalnya rekaman kita sama Aura kasih :lol:
kita umpetin dibalik sebuah gambar tapi sebelumnya pastikan bahwa komputer kita udah terinstall WinRar.
(tau winrar kan ?? ituloh sodaranya winzip :-) )
Langkah 1 :
Kumpulkan file-file yang mau disembunyikan dan compress jadi satu dengan menggunakan Winrar.
Misalkan beri nama filerahasia.rar
Langkah 2 :
Siapkan sebuah file gambar (.jpg).  << ekstensinya JPG yah
Misalkan beri nama gambar.jpg
Langkah 3 :
Letakkan kedua file tersebut ( File gambar.jpg dan filerahasia.rar )dalam sebuah directory yang sama.
misalkan Drive c:
Langkah 4 :
Buka command prompt (start >> run >> [ketik] CMD) dan ketikkan :
c:\>copy /b gambar.jpg+filerahasia.rar hasil.jpg
Langkah 5 :
Setelah itu akan tercipta sebuah file baru dengan nama hasil.jpg.
Coba buka file hasil.jpg.
Sekilas tidak akan ada bedanya dengan file gambar.jpg yang sebelumnya kecuali ukuran filenya yang bertambah besar.
dan kita tetap bisa membuka file tersebut dengan Picture Editor atau Image Viewer
Tidak ada tanda-tanda bahwa sebenarnya ada sebuah file rahasia didalamnya.

Langkah 6 :

Bagaimana cara membuka file rahasia nya?
Klik kanan pada file hasil.jpg lalu pilihlah [Open With] –> [Choose Program..]. Pilihlah WinRar lalu klik [OK].
kita akan bisa melihat file rahasia dan bisa mengextract seperti biasanya.
moga2 berguna :arrow:

Pengertian unsur, senyawa, dan campuran dalam kimia


Lambang unsur
Setiap dalam suatu unsur pasti akan diberi lambang sesuai dengan aturan penulisan dalam internasional. Berikut ini adalah aturan penulisan dalam suatu unsur.
a.     Untuk lambang unsur yang hanya terdiri atas satu huruf, penulisannya itu
menggunakan huruf kapital.
Contoh seperti :
  • Karbon dinotasikan C.
  • Unsur Hidrogen dinotasikan H.
  • Unsur Oksigen dinotasikan 0.
b.     Untuk lambang unsur yang terdiri dari dua huruf, penulisan huruf pertama
menggunakan huruf kapital dan huruf kedua dengan mengunakan huruf kecil.
Contohnya seperti :
  • Unsur Natrium dinotasikan Na.
  • Unsur Kalsium dinotasikan Ca.
Berikut ini lambang unsur logam dan nonlogam
Unsur Logam
Unsur Nonlogam
Nama Unsur       Lambang
i Nama Unsur       Lambang
Aluminium          Al Argon                Ar
Antimon Sb Arsen As
Barium Ba Belerang S
Besi Fe Boron B
Bismut Bi Bromin Br
Emas Au Flourin F
Kalium K Fosforus P
Kalsium Ca Helium He
Kobalt                Co Hidrogen H
Kromium Cr lodin 1
Mangan Mn Karbon C
Magnesium Mg Klorin CI
Natrium Na Neon Ne
Nikel Ni Nitrogen N
Perak Ag Oksigen 0
Raksa Hg Silikon Si
Seng Zn Kripton Kr
Tembaga Cu Xenon X
Timah
Sn Selenium Se
Timbal Pb Radon Rn
Tabel periodik unsur


Untuk dapat dengan mudah mempelajari serta mengamati suatu unsur, dibuatlah sebuah table yang dinamakan tabel periodik unsur. Tabel periodik unsur ini ialah suatu tabel yang menggambarkan tentang unsur-unsur yang ada dalam kimia yang dibuat dalam bentuk tabel. Unsur tersebut diatur berdasarkan struktur elektronnya yang bersifat kimia unsur tersebut berubah-ubah secara beraturan di sepanjang tabel. Setiap unsur itu didaftarkan berdasarkan nomor atom serta lambang unsurnya. Dalam tabel periodik unsur, unsur dikelompokkan ke dalam golongan dan periode berdasarkan kesamaan sifat. Golongan dalam tabel periodik disusun secara vertikal (dari atas ke bawah), sedangkan periode unsur disusun secara horizontal (dari kiri ke kanan).
Definisi Senyawa
Definisi dari Senyawa itu ialah suatu gabungan yang terdiri dari dua unsur atau lebih yang bergabung secara kimia dengan perbandingan tertentu dalam setiap molekulnya. Senyawa itu dapat dituliskan dalam rumus kimia. Rumus kimia dari suatu senyawa dapat berupa rumus molekul dan rumus empiris. Ada yang tau nggak rumus molekul dan rumus empires itu pa ???
Kalua Rumus molekul itu adalah suatu molekul yang ada dalam rumus kimia yang menyatakan suatu jenis serta jumlah atom yang dapat menyusun zat. Sedangkan Rumus empiris adalah rumus kimia yang menyatakan suatu perbandingan terkecil atau jumlah dari atom-atom pembentuk senyawa. Contohnya seperti  n-heksana  memiliki  rumus  yang molekulnya  terdiri dari CH3CH2CH2CH2CH2CH3, yang menyatakan bahwa senyawa ini pasti punya struktur rantai lurus yang terdri dari masing-masing  6 atom karbon, dan 14 atom hidrogen. Dengan rumus molekul tersebut maka dapat disimpulkan bahwa formula kimia heksana adalah C6H14, sedangkan rumus empirisnya adalah C3H7 yang menunjukkan rasio C:H sebesar 3 : 7.
1.    Sifat-sifat yang ada dalam senyawa
senyawa itu ternyata mempunyai sifat-sifat tersendiri, berikut ini adalah sifat-sifat dari senyawa :
a.    Senyawa itu dapat terbentuk apabila melalui suatu proses  dari reaksi kimia
b.    Komponen penyusun yang ada pada suatu senyawa pasti mempunyai suatu perbandingan tertentu yang sifatnya tentu saja itu tetap.
(hukum Proust)
c.    Senyawa itu nggak bakal bisa dipisahkan dengan
komponen penyusunnya kembali dengan melalui reaksi fisika.
d.    Senyawa itu dapat dikategorikan sebagai senyawa zat tunggal.
e.    Mempunyai   sifat-sifat   tertentu   yang   berbeda
dengan unsur-unsur pembentuknya.perbandingan dua hidrogen
dan satu oksigen
2..    Penamaan dalam senyawa
a. Senyawa yang terdiri dari unsur logam dan unsur nonlogam
Nama dalam suatu unsur logam menjadi nama depan atau boleh dikatakan dengan duluan dan unsur nonlogam menjadi nama belakang.
Contoh:
Unsur logam     unsur nonlogam      rumus kimia    nama senyawa
Magnesium            oksigen                   MgO             Magnesium oksida
Kalium                     Brom                       KBr               Kalsium Bromida
b. Senyawa yang hanya terdiri dari unsur nonlogamnya saja
Senyawa yang terdiri atas dua unsur nonlogam, nama belakangnya pasti akan diberi akhiran/cta.
Apabila ada pasangan dalam suatu unsur yang bersenyawa lebih dari satu, maka penamaan senyawa
tersebut dibedakan dengan menyebutkan angka indeksnya, yang dinyatakan dalam bahasa yunani sebagai berikut.
1    = mono     6 = heksa
2    = di           7 = hepta
3    = tri           8 = okta
4    = tetra       9 = nona
5    = penta     10 = deka Contoh:
CO = Karbon monoksida    C02 = Karbon dioksida
c. Senyawa yang terdiri atas unsur hidrogen dan nonlogam
Terdapat dua aturan dalam pemberian penamaan untuk senyawa yang, tersusun atas unsur hidrogen dan nonlogam, yaitu:
1)    Kata hidrogen itu dapat dijadikan nama depan dan nama unsur nonlogam sebagai nama belakang dengan akhiran kata Ida.
Contohny seperti  HF = Hidrogen fluorida
2)    Menggunakan kata asam sebagai nama depan dan nama unsur nonlogam
sebagai nama belakang ditambah akhiran ida
Contohnya seperti HF = Asam fluorida
d. Senyawa yang terdiri atas unsur logam, oksigen, dan unsur hidrogen
apabila dalam suatu unsur oksigen merupakan unsur kedua yang diikuti dengan unsur hidrogen maka penamaan senyawa dapat menggunakan suatu  nama unsur logam sebagai nama depan. Kata hidroksida yang merupakan gabungan nama unsur hidrogen dan oksigen, sebagai nama belakangnya.
Contoh: NaOH: Natrium hidroksida KOH: Kalium hidroksida
C. Campuran
Campuran merupakan suatu gabungan yang terjadi atas beberapa zat dengan perbandingannya yang tidak tetap dan tanpa melakukan reaksi kimia. Sifat asli dalam suatu zat pembentuk campuran yaitu ada yang masih dapat dibedakan satu sama lain. Berdasarkan homogenitasnya, campuran itu dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu sebagai berikut.
1.    Campuran homogen
Campuran homogen ialah campuran yang tediri diantara dua zat atau lebih yang apabila partikel-partikel penyusunnya itu tidak bisa lagi dibedakan. Campuran homogen itu punya suatu bagian-bagian penyusun yang sama. Larutan merupakan campuran yang ada dalam suatu homogen. Oleh karenanya, campuran homogen itu kerap sekali disebut juga dengan larutan. Dalam larutan, zat itu dapat terlarut dan itu disebut dengan solute, sedangkan zat pelarut dinamkan solvent. Berikut ini adalah sifat dari larutan.
a.    dalam larutan itu Terdiri atas dua zat atau lebih yang setiap partikelnya itu  penyusunnya menyebar dan merata di seluruh larutan.
b.    dalam larutan Ukuran partikel larutan itu kurang dari 10 nm.
c.    Setiap partikel penyusun larutan menyebar merata di seluruh larutan.

2. Campuran heterogen meruakan Campuran antara dua macam zat atau lebih yang partikel-partikel penyusunnya masih dapat dibedakan satu sama lainnya. Campuran Heterogen itu dapat dibedakan menjadi 2 yaitu sebagi beikut :
a.    Koloid
Partikel-partikel yang ada dalam koloid hanya dapat terlihat dengan menggunakan suatu alat jenis mikroskop yang dinamakan mikroskop ultra. Ukuran partikel yang terdapat dalam larutan kira-kira antara 10 sampai dengan 1000 nm. Partikelnya pun menyebar, tetapi nggak bisa mengendap, serta tidak dapat menghamburkan cahaya. Contohnya seperti susu, asap, kabut, agar-agar, kuningtelur dll.
b.    Suspensi
Obat batuk cair merupakan contoh larutan heterogen (www. flickr.com)
Partikel-partikel yang terdapat pada suspensi dapat dilihat hanya dengan mikroskop biasa. Ukuran partikelnya pun lebih besar yaitu kira-kira sampai 1.000 nm. Suspensi nggak bisa ditembus cahaya. Contohnya seperti minyak dengan air, air keruh, dan air kapur.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat mempengaruhi proses kelarutan dalam suatu zat.
1.    Suhu
Suatu zat akan dapat semakin mudah terlarut dalam zat pelarut apabiila suhunya itu semakin tinggi. Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya suatu partikel-partiklel dalam suatu zat pada suhu yang lebih tinggi dan dapat bergerak lebih cepat sehingga kemungkinan dapat terjadinya suatu tumbukan yang lebih sering dan efektif. Ini membuat zat semakin mudah terlarut.
2.    Ukuran zat terlarut    . *
Secara umum, makin besar luas permukaan pada suatu zat maka pelarutannya pun akan makin lebih cepat. Hal ini dsebabkan karena dengan semakin besar luas permukaan suatu zat, berarti semakin banyak pula partikel yang bertumbukan dan akan mempercepat proses terbentuknya larutan.
3.    Volume  dalam pelarut
Volume pelarut ternyata dapat mempengaruhi proses kelarutanjuga lho…??? . Semakin banyak volume pelarut yang digunakan, maka akan makin cepat suatu zat akan melarut.
4.    Pengadukan
Proses pengadukan dapat mempengaruhi suatu proses dalam kelarutan. Dengan adanya proses dalam pengadukan, pada suatu zat akan semakin lebih cepat terlarutnya dalam suatu pelarut.
D. Pemisahan Campuran
Berikut adalahcontoh pemisahan pada campuran :
Proses industri yang melibatkan proses pemisahan, antara lain pengolahan minyak bumi, pemisahan logam dari mineralnya, penjernihan air, pengolahan limbah industri. Pemisahan campuran dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut.
1.  Penyaringan atau lebih dikenal dengan filtrasi
Dalam suatu proses Penyaringan dilakukannya berdasarkan perbedaan ukuran partikenyal. Dalam Proses penyaringan menggunakan suatu penyaring contohnyanya seperti kertas saring, sehingga partikel-partikel yang sangat kecil dapat melewati penyaring tersebut. Hasil penyaringan pada partikel-partikel disebut dengan filtrat, sedangkan partikel-partikel yang lebih besar dan tertahan pada kertas saring disebu dengan residu.
2. Penyulingan (destilasi)
Penyulingan ialah suatu teknik dalam suatu pemisahan campuran yang terjadi berdasarkan pada perbedaan suatu titik didih yang terdiri dari masing-masing komponen yang ada dalam suatu campuran. Proses pemisahan campuran ini dilakukan dengan caradengan cara penyulingan dilakukan dengan dua cara, yaitu yang pertama adalah dengan cara penguapan pengembunan. Campuran itu mula-mula dipanaskan sampai di atas titik didih zat yang akan dipisahkan. Karena titik didih zat yang akan dipisahkan lebih rendah dari titik didih campuran maka zat tersebut akan menguap lebih dahulu. Uap yang terbentu«: selanjutnya didinginkan sehingga menjadi cairan.

3. Kristalisasi
Zat padat itu nggak bakal dapat dipisahkan dari larutan dengan cara disaring. Zat padat dipisahkan dari larutan meialui proses kristalisasi. Kristalisasi dapat terbentuk jika uap dari partikel yang sudah mengalami sublimasi menjadi dingin. Pada kristalisasi, bahan-bahan lain yang tidak diinginkan, tetapi terdapat dalam campuran, akan tetap berwujud cair.
4. Sublimasi
Sublimasi merupakan perubahan dari wujud zat padat menjadi gas, atau sebaliknya. Tetpai Untuk dapat dipisahkan melalui metode sublimasi ini  zat terlarut harus dapat memiliki perbedaan titik didih yang ti’nggi sehingga dapat menghasilkan suatu uap dengan tingkat kemurniannya yang tinggi. Zat yang dapat menyublim, antara lain kapur barus, iodium, dan kafein.

5. Kromatografi
Kromatografi merupakan suatu tekniik dalam pemisahan suatu campuran dengan cara menguraikan partikel yang berwarna. Dalam campuran tersebut penguraian partikel tersebut berubah menjadi komponen-komponen penyusunnya. Kromatografi biasa digunakan dalam industri makanan yang berguna untuk mengetahui suatu pewarna makanan berbahaya atau tidak bagi kesehatan.
6. Ekstraksi
Ekstraksi ialah pemisahan dalam suatu zat dari campurannya dengan cara melarutkan zat tersebut pada pelarut yang sesuai. Ekstraksi biasanya dilakukan pada industri teh botol.
7. Adsorbsi
Adsorbsi merupakan penarikan yang dilakukan dengan kuat sehingga zat tersebut dapat menempel pada permukaan absorben atau yang lebih dikenal dengan zat penyerap. Zat yang biasa digunakan sebagai penyerap itu seperti karbon aktif yang gunanya itu mampu menyerap gas, zat warna, dan bahkan mikroorganisme. Adsorbsi ini biasa dilakukan pada industri gula yang bertujuan untuk dapat memutihkan gula yang kotor.
8. Penguapan
Penguapan merupakan suatu teknik untuk dapat bisa memisahkan suatu campuran, dengan zat terlarut dalam campuran tersebut adalah zat padat dan pelarutnya adalah zat cair. Penguapan yang terjadi inidapat dilakukan dengan cara memanaskan larutan hingga suhu tertentu. Jika suatu larutan dipanaskan melebihi titik didih pelarutnya maka partikel pelarutanya pun akan semakin menguap, sedangkan padatan yang terlarut akan tertinggal.
(maaf ni artikel saya copvas) di "http://klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/pelajaran-kimia/pengertian-unsur-senyawa-dan-campuran-dalam-kimia/"

Kamis, 15 September 2011

Efek Fiberglass Bagi Kesehatan


Apakah fiberglass?

Fiberglass, kadang-kadang disebut benang kaca, adalah buatan manusia di mana serat-serat membentuk substansi seperti kaca. Fiberglass digunakan dalam berbagai keperluan, seperti memperkuat bahan plastik dalam olahraga mobil, body kapal dan perlengkapan kamar mandi ; sebagai isolasi dalam bangunan, stoves, kulkas dan furniture manufaktur tertentu dan produk tekstil, seperti jendela fiberglass drapes. Struktur dan ukuran serat kaca ini bervariasi. Serat yang lebih kecil, yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, yang diduga masuk ke dalam paru-paru, sedangkan yang lebih besar,  partikel  fiberglass dapat terlihat menyebabkan iritasi pada kulit, mata. hidung dan tenggorokan. 
Siapa yang terkena?
Pekerja di dalam bangunan konstruksi dan pemeliharaan industri, terutama pekerja isolasi, beresiko terkena fiberglass.  pekerja Fiberglass  di industri manufaktur dan perbaikan body mobil , paru-paru pekerja mungkin dapat terkena  bahaya dari fiberglass dan bahan kimia yang yang lainnya di tempat kerja. Menurut Pemerintah Federal, hampir 20.000 produk dibuat menggunakan fiberglass, dan sekitar 200.000 pekerja di Amerika Serikat yang terkena bahaya fiberglass itu. bekerja sendiri dirumah menggunakan fiberglass seperti memasang isolasi atau dalam proses melakukan perbaikan rumah juga beresiko. 

Bagaimana kontak terhadap fiberglass terjadi?

Pekerja menggunakan fiberglass mungkin terkena debu serat dari fiberglass itu sendiri dan berbagai bahan kimia yang terkait dengan penggunaan itu.

Kontak langsung dengan bahan fiberglass atau terkena debu fiberglass di udara menyebabkan gatal kulit, mata, hidung dan tenggorokan. Ada kemungkinan bahwa serat menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru atau saluran udara, atau meningkatkan kemungkinan mengembangkan kanker paru-paru. menghirup  serat debu yang dapat mengganggu saluran pernapasan, sehingga batuk dan mengeluarkan  lendir berlebihan, kondisi ini disebut sebagai bronkitis.

Epoxy Resins adalah bahan kimia yang digunakan dalam  pernis dan plastik, atau dikombinasikan dengan komponen lain untuk membentuk plastik.epoxy resin juga digunakan untuk memperkuat, mengeraskan, atau memberikan fleksibilitas untuk fiberglass. Breathing epoxy Resins dapat menyebabkan kesesakan dada, sesak nafas atau tersenggal. Kontak kulit dapat menyebabkan ruam/ alergi.

Styrene adalah bagian dari resin polyester digunakan dengan fiberglass. menyebabkan iritasi pada mata dan hidung pada konsentrasi rendah; pada konsentrasi tinggi menyebabkan sakit kepala, pusing,  dan kadang-kadang mual.
Acetone dan Mek (methyl ethyl Ketone) yang umum digunakan dalam larutan fiberglass lay-up dan spray-up. dapat menyebabkan iritasi mata, hidung dan tenggorokan. menghirup uapnya  dapat menyebabkan kantuk, kesulitan bernapas, dan lebih serius kerusakan pada paru-paru dan sistem saraf. 

Pencegahan dan Perlindungan

Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena debu serat fiberglass dan bahan beracun yang sering digunakan sebagai campurannya.

Adanya undang-undang undang-undang untuk melindungi pekerja dari bahaya dan resiko pekerjaan. The Occupational Safetyand Health Administration (OSHA), melalui Standar Komunikasi Bahaya, mengharuskan memberi penerangan pada pekerja tentang bahaya pekerjaan mereka . Banyak negara yang telah memeberi penerangan  terhadap pekerjanya  dan masyarakat pada umunya tentang undang undang  ini.

Lingkungan kerja yang cukup ventilasi adalah sangat penting. Pengusaha harus memberikan pencuci pakaian kerja atau fasilitas khusus untuk mencuci pakaian. Fasilitas cuci dan shower harus dibuat tersedia bagi para pekerja untuk membersihan pakaian kerja sebelum digunakan. penghisap debu , penyempot debu dan prosedur penyapu (sweeping) basah  dapat membantu dalam mengurangi debu yang disebabkan oleh fiberglass. Sweeping kering atau jenis lainnya , membersihkan debu  yang dapat menyebarkan debu fiberglass ke udara harus dihindari. Informasi tentang sistem ventilasi efektif untuk menghilangkan debu  tersedia dari negara dan federal Occupational Keselamatan dan Kesehatan Agen, Dewan Keamanan Nasional, dan Pemerintah Amerika Konferensi Industri Hygienists dalam Industri ventilasi Manual.
Pakaian pelindung dan peralatan sarung tangan dan pakaian pelindung lainnya dapat membantu mencegah masalah kulit dengan mengurangi kontak langsung dengan serat kaca. Masker debu dapat membantu mencegah atau mengurangi penghirupan  partikel kecil dari fiberglass. kacamata yang sesuai dan digunakan dengan benar dapat mencegah iritasi mata. gunakan Respirators (alat pernapasan) jika perlu, untuk mengurangi kontak dari debu serat dan bahan kimia. Respirator dipilih berdasarkan pada ukuran dan konsentrasi dari partikel fiberglass . Informasi tentang peralatan perlindungan efektif  tersedia di negara dan federal Occupational Keselamatan dan Kesehatan Agen, Dewan Keamanan Nasional, dan Pemerintah Amerika Konferensi Industri Hygienists' Industri ventilasi Manual.
Pekerja harus membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan dan menjaga makanan dari tempat kerja. Makan, minum dan permen karet di tempat kerja harus dihindari. dalam menggunakan bahan kimia dengan fiberglass, baca dan  ikuti petunjuk/ instruksi   dari pabriknya  untuk mengurangi bahaya dari bahan- bahan kimia tersebut . waspadalah ! apabila muncul efek pada pernapasan pada saat bekerja. seperti sesak dada, tersenggal, batuk berat atau batuk yang tidak berhenti. jika kondisi ini muncul, pergilah ke dokter. Merokok rokok  atau ganja dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru cepat berkembang jika ditambah dengan kontak pada fiberglass dan bahan kimia yang menyertainya.

Belajar bikin fiberglass yuk!


street fighter custom karya Win's Paddock
Maaf nech sebelum nya saya cuman copy ni artikel dari saudara Fikri RAhmaniar.. soalnya gw tertarik neh liat artikel. gw takut lupa makanya gw copy z nich artikel..klw mau aslinya ni link nya...(http://kumbangjantan.wordpress.com/2009/05/01/belajar-bikin-fiberglass-yuk/) 

street fighter custom fiberglass karya Win's Paddock
Siapa pengen punya motor impian dengan desain body sesuai idaman kita? Atau pengen mewujudkan ide-ide liar bentuk body motor? Bisa aja semua itu diwujudkan… Bikin aja body motor hand made berbahan fiberglass.
Trus gimana bikinnya donk? Tenang.. tenang… Aku bakal ceritain pengalamanku belajar bikin body motor handmade dari fiberglass. Pengalaman ini aku dapet waktu liburan semester 4 kira-kira 8 bulan lalu lebih spesifik lagi bulan Juli sampe Agustus.
Sebelum liburan emang udah kurencanain libur 2 bulan lebih itu bakal kuiisi buat modif motor, salah satu rentetan modif itu ya coba-coba bikin body dari fiberglass. Sebelum liburpun aku udah mencari-cari referensi dari berbagai sumber baik dari tumpukan ratusan edisi tabloid koleksiku, antara lain Motor Plus, Ototren, Otoplus, maupun dari ubek-ubek internet. Mulai dari cari tau bahan-bahannya, cara mengaplikasikannya, gimana bikin cetakannya, sampai dimana tempat beli bahan-bahannya di sekitar daerahku.
Tibalah waktu buat liburan. Sesuai rencana bakal ngerjain proyek ini di kampong halaman. Setelah dapet info dimana tempat belinya langsung menuju TKP buat beli bahan-bahannya. Belanja ini itu ternyata cuma abis dikit sekitar 100 ribuan. Buat bahan-bahan yang aku pake yaitu:
1. Resin. Ini buat bahan utamanya, ibarat bikin beton resin itu kayak semennya. Berbentuk cair warna merah.
2. Mat. Kalo yang ini yang bentuknya serat-serat putih itu loh…
3. Katalis. Ini bahan campuran resin yang berfungsi memperkeras resin.
4. Talk. Tugasnya ngebikin hasil akhir lebih keras dan kaku.
bahannya resin, katalis, talk sama mat
bahannya resin, katalis, talk sama mat
Bahan-bahan di atas bisa didapetin di toko kimia. Khusus di Purwokerto aku dapet di toko kimia C-Jaya Q-mia di daerah Kombas. Buat kota lain silahkan keliling kota deh buat nemuin tuh toko kimia.
Langkah pertama adalah nentuin apa yang mau kita bikin dengan fiberglass. Ya iyalah harus tau kita mau bikin apa! Maksudnya kita bikin dulu cetakan body yang bakal kita bikin. Sebelum bikin cetakan, harus udah ditentuin model yang kita mau. Model itu bias dari kreasi sendiri atau niru model motor yang udah ada. Kalo mau lebih sip dari model yang kita mau bisa dibikin dulu model 3D-nya pake software macam Lightwave atau 3Dsmax trus diolah biar bisa di-print out hasilnya jadi bikin cetakan tinggal dibikin dari kertas yang udah dibikin dari model 3D tadi.
Tapi berhubung aku gaptek, gak pake 3D-3D-an, manual aja deh! Bermodal imajinasi ngebayangin motor-motor impian langsung sambil ngegunting-gunting kertas karton dan disambung-sambung pake selotip. Cermati kesimetrisan kanan-kiri, liat lagi kanan kiri kalo masih ada yang aneh terpaksa dibongkar lagi sampe bener-bener nemu hasil paling oke. Kalo belum nemu juga yang paling oke dan simetris ya…diulang lagi aja!
bikin cetakan dari kertas karton
bikin cetakan dari kertas karton
cetakan-fiberglass-2
cetakan-fiberglass-4
gimana udah oke belum modelnya?
tampak belakang tuh
tampak belakang tuh
Setelah cetakan terbentuk, langsung ke proses eksekusi. Tutupin bagian motor yang sekiranya bakal ketetsan resin pake kertas bekas. Bahaya nih kalo sampe nempel ke bagian motor lain bakalan susah banget diilangin bahkan mesti digerinda loh! Makanya mesti ati-ati banget biar tetep aman…
campuran buat bikin adonannya
campuran buat bikin adonannya
Kalo udah, siapin bahan-bahan yang tadi udah disebutin ditambah alat-alat pendukung lain kayak kuas, gelas air mineral, pengaduk, dan kalo perlu sarung tangan buat ngehindarin gatelnya mat fiber. Racik bahan-bahan itu. Komposisinya setengah gelas resin ditambah talk kira-kira perbandingan 1:1. Diaduk-aduk trus ditambahin lagi katalis sekitar 10-12 tetes. Jangan kebanyakan katalis karena bisa kecepetan kerasny tuh adonan. Aduk lagi deh ampe rata.
Mari membuat lapisan pertama. Pastikan permukaan bersih. Kalo perlu bisa ditambahin/dilapisin Mirror Glaze Mold Release biar ntar gampang dilepasnya tuh cetakan. Tapi kalo gak pun its okay…
Olesin adonan “bubur” tadi pake kuas di cetakan body. Kamu punya waktu kira-kira 30 menit sebelum adonan itu keras. Tapi nyante ajayang penting rapi dan rata. Setelah 1 lapis selesai, biarin dulu 10 menit sampe agak kering dikit terus ditempelelin tuh matnya cukup 1 lapis tiap bagian. Setelah semua dilapisin mat, olesin lagi pake adonan resin tadi. Tunggu 1 lapisan ini agak kering.
Buat lapisan kedua dan seterusnya adonan yang dipake cukup resin + katalis aja karena kalo pake talk lagi, hasil akhirnya bakal terlalu berat. Lagian Lapisan pertama yang pake talk itu udah cukup buat semacam “pondasi”. Nah karena udah ada pondasinya, lapisan berikut cukup dilapis batu bata dan semen, eh maksudnya mat dan resin+katalis. Buat komposisi tetep sama, setengah gelas resin ditambah 10-12 tetes katalis.
Langsung aja lapisan kedua dibikin. Tampelin mat merata ke semua sisi. Olesin lagi pake adonan resin+katalis sampe merata. Kita bisa bikin sampai kira-kira 3 lapis mat. Gak terlalu tebal tapi udah cukup kuat. Tunggu sampai semua bener-bener kering sekitar 6-8 jam. Lalu pisahin dari cetakan deh. Gimana hasilnya?
udah jadi tinggal finishing...
udah jadi tinggal finishing...
Setelah body kreasi dipisahin dari cetakan, udah kebentuk tuh body motor keren. Tapi masih kasar kan? Perlu dialusin pake gerinda atau amplas kasar. Tapi perlu diinget kalo pake gerinda mesti ati-ati banget jangan sampe kebanyakan dikikis sampe ngerubah bentuknya atau malah sampe bolong! Jadi tetep ati-ati ya yang penting rapi gak usah keburu-buru. Setelah itu bisa didempul trus di-epoxy dan dicat dah…
Kalo hasil kreasi yang kubuat, hasilnya gak ancur-ancur banget lah buat proyek nekat pertama. Tapi ada banyak kekurangan antara lain yang paling parah adalah KURANG SIMETRIS! Selain itu juga aku kebanyakan pake talk jadi hasilnya sangat amat berat padahal cuma pake 2 lapis mat loh… Dan sayangnya waktu liburanku keburu abis dan mesti buru-buru balik ke Jogja jadi motor harus dibalikin lagi kayak sedia kala. Dan…. proyek ini dinyatakan ditunda! Kalo aku punya waktu luang lama lagi pengen banget ngelanjutin proyek ini lagi tapi gak tau deh dapet liburan panjang lagi kapan kayaknya kuliah udah makin sibuka aja.

Senin, 12 September 2011

Hal - Hal Lainnya



Mengenai baterai :
Baterai yang digunakan pada umumnya adalah jenis Ni-Cd atupun jenis NiMH. Adapun keuntungannya menggunakan NiMH adalah, tidak adanya "memory efek" yang timbul, jika baterai di isi sebelum isinya benar-benar habis (min 0,8 V per baterai), hal ini akan berakibat buruk pada baterai, dan lama kelamaan tenaga bateraipun akan berkurang. NiMH mempunyai kelemahan, bahwa baterai jenis ini harus selalu dalam kondisi terisi, terutama jika mau disimpan untuk agak lama (5, 6, 7 bulan...atau lebih), dan pada umumnya tidak mempunyai tegangan yang konstan, pada saat baterai tersebut dibebani/dipakai. Khusus untuk helikopter saya anjurkan dengan kapasitas minimum 2000 mAh (biasanya paling sedikit dengan 7 baterai), agar putaran mesin dapat lebih konstan. Baterai-baterai ini dengan penggunaan yang "normal" dapat bertahan hingga 500 kali pengisian. Adapun pengisian baterai yang paling "aman" adalah dengan 0,1C (C=kapasitas baterai) selama 12 samapai 14 jam. Pengisian dengan 0,5C atau bahkan 1C dan 2C hanya dapat dilakukan pada baterai-baterai tertentu yang mengijinkan sistem "quick-charge".
Baterai yang akan kita gunakan, dapat kita rakit sendiri. Adapun keuntungannya adalah, bahwa kita dapat memilih baterai sesuai dengan arus dan jumlah tegangan yang diinginkan. Untuk RC flight biasanya diperlukan baterai dengan min 1500mAh 7,2V sedangkan untuk RC heli diperlukan min 1800mAh 8,4V.
 
Tetang Lithium Baterai (updated on February 2009):
  Tidak dapat dihindari lagi bahwa "Lithium" baterai akan menjadi "favorit" terutama untuk para penggemar model    electric-RC sekarang ini, karena ukurannya lebih kecil, beratnya lebih ringan dan kapasitasnya lebih tinggi dari pada  baterai tipe NiCd/NiMH. Karakteristik kimia dari baterai tipe ini sangat berbeda dengan tipe baterai yang kita kenal  sebelumnya oleh sebab itu penanganannyapun cukup berbeda. Saya akan coba jelaskan sedikit (terutama kepada  rekan2 pemula) mengenai baterai tipe Lithium ini;


Ada 3 jenis baterai Lithium sekarang ini yang kita kenal dipasaran :
  • Tipe LiLo =  Maximal 4.1V/cell, dan "Cut-Off" level 2.5V/cell, Voltage Level = 3.6/cell
  • Tipe LiPo =  Maximal 4.2V/cell, dan "Cut-Off" level 3.0V/cell, Voltage Level = 3.7/cell
  • Tipe LiFe =  Maximal 3.6V/cell, dan "Cut-Off" level 2.0V/cell, Voltage Level = 3.3/cell
Yang paling umum digunakan untuk rc-model adalah tipe LiPo (standar tahun 2009) sedangkan "simple" charger yang tersedia umumnya hanya untuk charging baterai tipe LiPo, kecuali beberpa tipe computerized charger yang salah satunya adalah  e-Station BC6 dari BANTAM dapat digunakan untuk charging ketiga baterai Lithium tersebut diatas. Penanganan baterai jenis LiPo pada umumnya adalah harus sangat hati-hati!!! Jika kita berniat hanya mau coba2 saja dengan baterai ini ataupun tidak mau memperhatikan jenis chargernya (mau coba2 menggunakan charger biasa), maka sebaiknya kita tidak mencoba untuk menggunakan baterai tipe ini. Arus yang terlalu besar dapat mengakibatkan baterai "meledak", hubungan pendek akan langsung merusak baterai, demikian pula dengan tegangan yang terlalu rendah (dibawah 3V pada jenis LiPo)pada saat "discharge".  Charging LiPo harus selalu menggunakan charger spesial untuk LiPo dan tidak boleh menggunakan charger yang lain. Perhatikan jika kita membeli charger terpisah dengan baterainya, apakah charger tsb bisa di "set" untuk berbagai macam Lithium baterai, dalam hal ini perlu di set untuk LiPo bahwa tegangan maximum yang diperbolehkan adalah 4.2V/cel!! Perhatikan pada saat mulai charging, apakah jumlah baterai sesuai dengan setting pada charger yang telah ditentukan sebelumnya, (ini sangat penting!!). Mungkin rekan2  agak sedikit bingung mengenai kabel baterai jenis Li, karena adanya kabel tambahan selain kabel positif dan negatifnya. Kabel ini kita sebut "balance-cable"  yang terhubung dengan masing2 cel di setiap paket baterainya. Hubungkan senantiasa "balance" kabel dengan charger yang mempunyai kemampuan untuk "balance-charger". Perlu diperhatikan disini bahwa "balancing" pada jenis Lithium baterai sebenarnya adalah merupakan keharusan, karena jika ada salah satu cel yang rusak pada paket baterai dan tidak terdeteksi, kondisi baterai menjadi tidak optimal dan proses charger berikutnya dapat merusak lebih banyak lagi baterai (paket baterai juga bisa "meledak" walaupun charger sudah di set sesuai dengan jumlah cel dalam satu paketnya). Jadi selalu gunakan "balancer" jika memang charger anda tipe charger LiPo biasa (balancer tidak terintegrasi di dalam charger). Namun saya sarankan lebih baik untuk membeli "balance-charger" saja untuk lebih memudahkannya (two in one).

  Contoh hubungan baterai ke charger : + baterai ke + charger, - baterai ke - charger, dan balance connector.







Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan pada saat charging:
  • Untuk selalu mengawasi proses charging Lithium baterai dan charging process tidak boleh ditinggalkan begitu saja (contoh, charge dari malam hari ke pagi dan kita tinggal tidur). Ini karena proses charging Lithium lebih "sensitif" dan harus lebih "dikontrol". 
  • Selalu menggunakan alas untuk charger yang tidak mudah terbakar, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 
  • Sebaiknya baterai tidak di charge melebihi "1C", kecuali memang diperbolehkan oleh pabrik pembuatanya (lihat lagi spesifikasi baterai). Saya pribadi lebih senang dengan 1/2C atau bahkan 1/4C untuk memperpanjang umur baterai.
  • Jika pada saat charging paket baterai menjadi "kembung", secepatnya matikan charger, letakkan baterai di area yang aman (luar ruangan), tunggu beberapa jam (~2jam), lalu "discharge" baterai tersebut (bisa menggunakan lampu dengan tegangan yang sesuai, sampai lampu benar2 mati) dan buanglah paket baterai tersebut (jangan digunakan lagi).
  • Jika rc-model pesawat yang menggunakan Lithium baterai jatuh, keluarkan baterai perlahan-lahan dari tempatnya, cek kondisi baterai, lalu diamkan beberapa menit (~20min)  sebelum disimpan. Ini dilakukan karena bisa saja ada "short" ketika baterai terbentur dengan keras.
  • Charge baterai tipe ini selalu di area yang terbuka dan cukup ventilasinya.
Sama sepeeti model baterai NiCd/NiMH, "C" pada Lithium baterai juga menggambarkan kapasitas baterai tersebut.  Jika sebuah paket baterai Li mempunyai kapasitas 2200 mAh, maka baterai tersebut secara teoritis dapat memberikan kapasitas sebesar 2200mA selama satu jam (=1C) ataupun 4400mA selama setengah jam (=2C)...dst.  Lithium baterai mempunyai keterbatasan besarnya arus yang dapat dihasilkan tergantung dari kapasitanya. Oleh karena itu Lipo dapat di hubungkan secara "paralel" untuk meningkatkan kapasitas paket baterainya. Jika kita menghubungkan 2 cell baterai 2000mAh secara paralel, maka praktis kapasitas baterai menjadi 2C (4000mAh) dengan tegangan yang sama (tidak berubah). Dengan kondisi ini jika kita melakukan "discharge 2C" pada paket sebelumnya hanya didapakan 4000mAh, sedangkan pada paket paralel kita mendapatkan 8000mAh.  Dengan ini maka paket Lithium baterai juga menggunakan simbol "SxPx" yang artinya berapa cel disusun secara "seri" dan berapa disusun secara "paralel". Jadi jika kita melihat indikas "3S4P" dan 2100 mAh setiap cell/ baterai artinya ada 12 cell baterai pada paket tersebut dengan tegangan sebesar 3S (karena susuan seri adalah yang selalu menentukan jumlah tegangan baterai). Jika paket baterai mempunyai kemampuan maximum "discharge" 6C, maka nominal voltage baterai adalah 11.1V (3 x 3.7V) dan maximum "discharge" rate-nya adalah 50.4Ah (2100mAh x 6 x 4). Note : Voltage level/ standar tegangan untuk LiPo adalah 3.7V.

Radio Pemancar (Transmitter):
Berbagai macam jenis transmitter yang dapat digunakan untuk model RC. Paling kiri adalah type Tx yang pada umumnya hanya digunakan untuk model RC car. Harap diingat, ketika sedang menerbangkan model RC, frekuensi yang digunakan harus kosong! (tidak  digunakan oleh penerbang lain). "Modul" frekuensi dari setiap transmitter harus dapat ditukar sesuai dengan frekuensi yang kita inginkan.
 
 
 
 
Disini saya berbicara khusus untuk model yang bertenaga baterai, untuk pesawat, minimum diperlukan 3 kanal, sedangkan untuk heli sebaiknya minimum 5 kanal. 
Adapun kanal tersebut diperlukan untuk kedua model sbb :
  • Pesawat : ch1 Speedcontrol, ch2 Rudder, ch3 Elevator (jika ada extra kanal tentunya dapat ditambahkan dengan ch4 Aeleron, ch5 Flap, ch6 Roda pesawat....dll)
  • Helikopter : ch1 Speedcontrol, ch2 Kemudi depan, ch3 Kemudi samping, ch4 Tailrotor, tentunya yang ini dengan option "fix-pitch". (Disarankan untuk heli, minimum menggunakan radio 5 kanal, sehingga ada tambahan ch5 Collective Pitch).
Sebelum servo maupun receiver dipasang didalam RC model, ada baiknya dilakukan "test" dahulu, apakah semua bagian berfungsi dengan baik. Seperti gambar disamping ini, servo, receiver dan baterai dihubungkan, dan sekarang kita coba gerakkan stick transmitter. Servo harus bergerak sesuai dengan arah maupun jauhnya gerakan stick Tx dari posisi netral/tengah.


 
Terutama untuk helikopter sebaiknya menggunakan radio/transmitter yang menggunakan sistem komputer, sehingga fasilitas revo-mix, dual-rate, servo-trimming, autorotation, Idle-Up (dan masih ada beberapa option lagi) bisa diatur secara tepat. Penting bagi pemula adanya extra option variable gas & pitch sehingga heli dapat lebih mudah untuk "hover".Beberapa option yang utama (karena cukup banyak dan tergantung dari kemampuan transmitternya), saya akan jelaskan disini. 
Pesawat :
  1. Dual Rate : posisi "lengan" servo dapat di set ke sudut tertentu dengan menggunakan extra switch
  2. Servo-Trimming : posisi "lengan" servo dapat di set ke posisi netral dengan parameter transmitternya
  3. Flaps : posisi aeleron dapat di set sehingga gerakannya searah (dapat digunakan untuk "soft-landing" pesawat)
Helikopter : (seperti yang option pesawat tanpa flaps, plus...)
  1. Revo-Mix : menyesuaikan perputaran baling-baling utama dengan baling-baling ekor, sehingga membantu heli untuk tidak berputar ketika "hover"
  2. Autorotation : kemampuan baling-baling  untuk berputar terus ketika motor dalam kondisi "off " (dapat dugunakan untuk "soft" maupun "emergency" landing).
  3. Idle-Up : kemampuan untuk men-"set" motor pada "rpm " tertentu (konstan).
Center of Gravity (CG =Titik Berat) :
Beberapa contoh baling-baling untuk "Electric-Heli"
Baling-baling utama helikopter, perlu di kontrol CG-nya sebelum boleh berputar pada kecepatan tinggi. Tanpa setting CG yang benar, heli akan mengalami vibrasi, dan pengendalian akan sangat sulit sekali. Adapun cara pengontrolan CG adalah :
  • Gunakan sebuah penggaris yang didirikan, lalu letakkan salah satu balingnya, dan setelah "balance" beri tanda. Lakukan pada baling-baling kedua, lalu beri tanda juga. Dan sekarang bandingkan tanda tersebut. jika ternyata lokasinya tidak sama (> 1mm), maka yang letak CG-nya lebih luar adalah yang benar. Lekatkan sticker pada baling yang CG nya agak kedalam, sampai persis kedua CG tersebut sama, artinya mereka sudah  "Dynamic-Balance".
  • Kedua baling-baling lalu ujungnya di isolasi (dengan "tape"), sekarang letak pertemuan mereka diletakkan di atas penggaris, tidak boleh berat sebelah, jika ternyata salah satu baling lebih ringan, maka perlu diberi sticker pada baling tersebut, tepat di CGnya. Sekarang mereka juga "Static-Balance".
Heli hanya boleh terbang, jika sudut pitch telah di "set", dan dinamik, serta statik keseimbangan telah dicapai.
Gyro/Autopilot :
Ini Gyro yang saya gunakan, Futaba FP-G 154
Bagi yang belum pernah menggunakan gyro (mutlak untuk model heli), tentunya sering bertanya-tanya, apa fungsi dari gyro/autopilot ini. Sebenarnya dari kata "autopilot" mungkin kita sudah bisa menerka fungsinya, sebagai pengendali otomatis. Untuk heli, maka yang akan dikendalikan adalah tailrotor. Jadi pada prinsipnya, servo untuk tailrotor dikendalikan oleh transmitter (manual), dan oleh gyro (automatic), dengan tujuan, agar ekor heli (bagian heli yang agak kritis...) dapat lebih stabil dan hanya memerlukan sedikit pengendalian saja. Jadi, jika ada yang bertanya, apakah tanpa gyro juga kita bisa menerbangkan heli, jawabnya ya.... tapi pengendalian heli akan sangat sulit sekali (bayangkan angin kecil yang selalu bertiup setiap saat akan mempengaruhi stabilitas tailrotor). Bagaimana cara bekerjanya gyro ? Secara alamiah tidak begitu sukar untuk memahaminya, tapi secara teoritis, perlu adanya sedikit pengetahuan mengenai dasar-dasar fisika (bisa ditinjau mengenai gaya "precession"). Bayangkan, kita ikat ban sepeda pada satu sisi sumbunya, lalu digantung. Maka pada keadaan tidak berputar, posisi ban sepeda tersebut akan horizontal, sekarang kita putar dengan kecepatan lumayan, maka ban sepeda tersebut akan berusaha bergerak naik ke atas pada posisi vertikal....Demikian pula cara kerja gyro (yang mekanik). Cukup mengenai sedikit teori.. :-)  Ada dua macam jenis gyro, elektronik & mekanik, dan parameter yang bisa di setting pada umumnya adalah :
  • Sensitivity : kepekaan gyro terhadap gerakan heli (umumnya 0....10)
  • Reverse Switch : jika gerakan tailrotor tidak sesuai dengan gerakan servo (artikel Helikopter), maka. servo dapat di reverse
  • Heading Hold : untuk menstabilkan heli pada posisi "middle-stick"
Saya anjurkan menggunakan yang elektronik (mis: piezo gyro), sehingga lebih kecil dan ringan, serta kebanyakan mempunyai fungsi yang lebih luas dibandingkan mekanik gyro.
Ni-Cd Charger (Alat Pengisi Baterai Ni-Cd) :
Ada puluhan atau bahkan ratusan charger yang bisa kita lihat di toko, tapi khusus untuk electric model, hanya charger tertentu saja (spesial untuk model RC) yang sebaiknya digunakan. Pada umumnya, prinsip kerja semua charge itu sama, alat ini dapat memberikan arus konstan dengan tegangan yang disesuaikan oleh beban (baterai), hanya untuk baterai RC, charger ini perlu mempunyai fasilitas-fasilitas tambahan, sehingga baterai dapat "diisi" dengan penuh/sesuai kapasitasnya. Adapun beberapa fasilitas yang umum adalah :
  • Mempunyai fungsi "quick-charge", biasanya 1A-5A (hati-hati dalam penggunaanya, harus disesuaikan oleh kapasitas baterai!!!, contoh : untuk Ni-Cd 2000 mAh pengisian dengan 4A tidak boleh melebihi 30 min!!!)
  • Adanya fungsi "discharge" (hingga 0,8V-1V per celll), sebelum pengisian baterai, sehingga tidak timbulnya memori-effek yang dapat mengurangi kemampuan baterai.
  • Adanya system "cut-off" jika suhu baterai melebihi temperatur yang telah di set sebelumnya (sekitar 45 derajatC)
  • Mempunyai kemampuan "doubble- input", baik dari 220V maupun 12V (aki mobil)
  • Auto-stop, jika baterai telah mencapai kapasitasnya
  • Adanya "display", yang menunjukkan arus dan tegangan, ketika sedang pengisian
  • Mempunyai kemampuan "voltage-regulator" sehingga memungkinkan pengisian baterai lebih dari 7 cellls.
Jika hanya mempunyai charger yang "biasa" saja, maka perlu adanya kontrol terhadap arus ke baterai (dengan multimeter) pada saat pengisian, pengosongan baterai dapat dilakukan dengan menggunakan 12V, 20W lampu motor (perhatikan untuk melepas lampu tersebut, jika voltage per celll sudah sekitar 0,8V), dan untuk pengisian baterai lebih dari 7 cellls, arus secara periodik perlu di kontrol, dan jika arus berkurang," charge-time" perlu diperpanjang. Baterai yang baik adalah merupakan suatu keharusan (terutama untuk electric heli), dan tanpa didukung oleh charger yang baik, maka kemampuan bateraipun tidak akan bisa optimal.
Storing (Motor Interference) :
Ini adalah salah satu hal yang paling sering dihadapi oleh para electric modeler, yaitu gangguan penerimaan pada receiver, sehingga servo dapat bergerak-gerak (sedikit atau kadang-kadang cukup banyak), tanpa adanya perintah dari control-stick, kita menyebutnya "Radio-Interference". Pada saat e-motor berputar dengan rpm tinggi, "brush" akan selalu mengeluarkan percikan api dan juga frekuensi, yang dapat mengganggu frekuensi dari transmitter (oleh karena itu receiver sebaiknya diletakkan jauh dari posisi motor), dalam keadaan tidak menguntungkan, pesawat/heli tidak dapat lagi dikontrol, dan akibatnya tentu "crash". Cara mengurangi interference ini adalah dengan memasang keramik kapasitor (biasanya 4,7 nF-100nF), pada negatif dan positif motor ke body. Sedikit secara teoritis bisa saya jelaskan, bahwa jika body motor tsb. kita anggap sebagai ground/minus, maka frekuensi tinggi yang dipancarkan oleh motor akan "dihubung-singkatkan" oleh kapasitor ke ground, berarti pancarannya akan diredam (reduksi). Oleh karena itu, pemasangan kondensator pada motor model electric adalah merupakan keharusan!!! Sebagai tambahan untuk mengurangi storing ini, juga dapat dilakukan :
  • Posisi receiver dipasang sejauh mungkin dari motor
  • Antena receiver jangan sampai digulung, tapi kalau bisa dibentangkan
  • Menggunakan extra coil/lilitan spesial untuk motor interference-reduction
  • Atau.... menggunakan receiver+transmitter dengan mode PCM (Puls Code Modulation)
Perlu diperhatikan dalam pemasangan kondensator ke motor, bahwa lokasinya harus sedekat mungkin dengan motor (kaki Cap. dipotong sependek mungkin!)



Volt-Timer :
Alat yang juga dapat cukup membatu jika kita menggunakan baterai charger sederhana adalah sebuah "Timer". Seperti yang telah diuraikan diatas, perlunya kita mematikan arus, jika baterai sudah tersisi penuh untuk mencegah kerusakan pada baterai. Dengan charger yang bagus (contoh computer-charger) hal ini akan dilakukan oleh alat tersebut secara otomatis (adanya peak-detector, temp-sensor, etc), tapi dengan charger sederhana (contohnya buatan sendiri), kita perlu menentukan lamanya waktu untuk charging, jadi dengan timer ini, listrik ke charger akan dimatikan sesuai dengan waktu yang telah kita set sebelumnya. Saya anjurkan utk menggunakan timer, jika kita melakukan charging dengan charger biasa.
Multimeter
Pengukuran tegangan atau arus listrik dapat dilakukan oleh sebuah multimeter. Alat ini sangat penting, terutama dalam proses "charging" & "discharging" baterai. Sebaiknya kita mempersiapkan sebuah "digital" multimeter, agar pembacaannya dapat lebih akurat. Minimum option yang dibutuhkan pada multimeter adalah :
AC & DC : 200 mV ~ 400V, DC : 200uA ~ 10A
Pengukuran "Volt" biasanya dibutuhkan kita pada proses "discharging" & "Ampere" pada saat proses "charging"

Menganalisa Kerusakan Laptop


Menganalisa Kerusakan Laptop ImageMenganalisa kerusakan laptop membutuhkan kejelian dan kesabaran. Jangan terburu-buru memutuskan sebelum melakukan cek secara keseluruhan kondisi laptop anda. Berikut ini adalah beberapa permasalahan laptop yang sering terjadi :
Mati atau Power Failure
Untuk kasus mati yang perlu anda cek pertama kali adalah batery laptop anda.  Kemungkinan batery laptop anda habis total. Coba lakukan pengisian dan tunggu kira-kira 1/2 jam. Penyebab lain adalah adaptor laptop yang tidak berfungsi. Anda dapat cek dengan lampu indikator carger di laptop menyala ketika laptop di kasih adaptor. Jika lampu indikator tidak nyala, ada kemungkinan adaptor yang rusak ataupun konektor power boardyang rusak atau board laptopnya yang rusak. Kemungkinan lain board laptop mati total sehingga menyebabkan laptop mati total sama sekali.
Lampu power nyala tapi layar LCD tidak menampilkan gambar.
Coba cek dengan memasang monitor eksternal pada port VGA di laptop anda. Kemudian hidupkan laptop anda, jika laptop masih mati, kemungkinan kerusakannya adalah VGA, Prosessor, mainboard, IC BIOS, atau RAM yang kotor atau rusak. Coba lakukan cek satu per satu.
Dan jika monitor eksternal hidup dan tampil gambar dengan normal, kemungkinan kerusakan ada di inverter LCD, kabel flexibel LCD, ataupun LCD monitor anda. Jika kerusakan ada di Layar LCD, maka anda harus mengganti Layar LCD tersebut, karena layar LCD tidak bisa diperbaiki.
Masalah Pendinginan Laptop
Permasalahan umum yang sering dihadapi pemakai laptop adalah masalah panas, bagaimanapun juga panas adalah musuh utama dari laptop, hampir 75 % kerusakan laptop disebabkan panas yang berlebihan. Apalagi di dalam casing laptop hampir tidak ada ruang kosong semuanya dipenuhi dengan komponen. Masalah yang sering muncul dibagian ini adalah tersumbatnya saluran pembuangan panas pada heatsink karena tertutup oleh debu. Hal ini menyebabkan panas yang seharusnya dikeluarkan kembali masuk ke dalam laptop. Akibatnya suhu di dalam laptop meningkat dari yang seharusanya diperbolehkan. Hal ini dapat menyebabkan over heating pada VGA chip, Procesor, dan komponen mainboard laptop yang lain.
Masalah Port dan Konektor Power
Masalah ini juga sering terjadi. Hal ini diakibatkan oleh retaknya solderan yang ada di konektor ataupun port tersebut. Retaknya solderan disebabkan oleh panas dan umur dari laptop itu sendiri. Solusinya adalah melakukan solder ulang terhadap bagian yang mengalami keretakan solderan.
Semoga bermanfaat!

Cara Reset Printer Canon IP1980 Secara Total


Bagi Anda yang mempunyai Printer Canon IP 1980, mungkin suatu saat akan mengalami pinter yang Anda pakai tidak bisa langsung mencetak dokumen, lampu indikator berkelap-kelip dan muncul pesan “The ink absorber is almost full”.
Cara Reset Printer Canon IP1980 Secara Total Image
Solusi sementara yang mungkin Anda lakukan adalah menekan tombol RESUME seperti yang diperintahkan dalam pesan tersebut. Untuk sementara Anda bisa mencetak dokumen, tetapi kejadian ini terus berulang dan bahkan mungkin sampai printer tersebut hanya menampilkan lampu indikator yang nge-blink saja, tidak bisa ngeprint sama sekali.
Kondisi tersebut sebenarnya umum terjadi pada printer inkjet. Pada printer tersebut terdapat tempat pembuangan tinta atau biasa disebut waste ink tank, didalam tempat pembuangan ini terdapat bahan semacam busa (ink absorber) untuk menyerap tinta buangan dari Catridge, misalnya ketika printer melakukan proses cleaning head.
Untuk mencegah melubernya tinta buangan tersebut, maka pihak pabrikan membuat semacam counter yang akan menghitung jumlah print out dari printer, ketika telah mencapai batas tertentu itulah kondisi “waste ink tank full” atau “ink absorber is full” terjadi dan biasa ditandai dengan indikator LED yang kelap-kelip.
Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa melakukan dengan cara mereset printer secara manual atau dengan menggunakan tool resetter printer. Kekurangan dari mereset printer secara manual yaitu ketika listrik mati akan terjadi lagi kondisi “ ink absorber full” atau semacamnya dan printer harus di-reset kembali.
Dalam artikel ini saya akan coba berbagi pengalaman tentang cara mereset Canon IP1980 secara total dengan cara manual dan dilanjutkan dengan menggunakan tool resetter sehingga printer bisa normal kembali.
Cara Reset Canon IP1980 Secara Total
  1. Download terlebih dahulu General Tool Canon IP1900 series, Anda bisa mendownloadnya disini
  2. Matikan Printer, lalu lepaskan kabel power
  3. Sambil menekan tombol ON pasang kembali kabel power
  4. Masih tetap menekan tombol ON, tekan 2x tombol RESUME
  5. Lepaskan kedua tombol.
  6. Dalam tahap ini printer dalam kondisi temporary reset dan untuk meresetnya secara total, jalankan aplikasi General Tool Canon IP1900 yang telah Anda download.
  7. Tunggu sejenak sampai program mendeteksi adanya printer seperti terlihat pada gambar dibawah.Cara Reset Printer Canon IP1980 Secara Total Image
  8. Setelah printer terdeteksi, centang pilihan EEPROM Clear dan klik tombol Test Pattern 1
  9. Masukan kertas kosong karena printer akan segera melakukan print test.
  10. Setelah printer selesai ngeprint, klik tombol Main dan Platen kemudian klik tombol Quit untuk keluar.
Sekarang Anda telah melakukan reset  Canon IP1980 secara total. Untuk mencobanya silahkan matikan printer kemudian nyalakan lagi, klo Anda berhasil maka printer akan kembali normal dan bisa dipake untuk ngeprint kembali tanpa terganggu pesan error seperti diatas.

Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5


Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 ImageHampir semua laptop yang ada sekarang memiliki fitur webcam sebagai bawaannya. Seberapa sering kita memanfaatkannya? Aplikasi Online yang menyediakan Live Streaming webcam pun rupanya tidak jauh berbeda halnya dengan aplikasi streaming video, dimana sebagian besar menggunakan Flash sebagai platformnya. Hanya saja untuk mentransmisikannya, diperlukan Flash Media Server atau alternatifnya, Red5.
Pada flash kita dapat menembus kamera dengan cara membuat objek sebuah camera, kemudian dengan methodgetCamera() gambar yang ditangkap oleh kamera di komputer kita menjadi sebuah live video. Nah, untuk melihat hasil video tersebut secara local (tanpa melalui koneksi streaming), kita dapat meng-attach –nya di sebuah objek movie yang kita buat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buat sebuah file flash baru dengan action script 3.0. Caranya klik menu File > New > General > ActionScript 3.0Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  2. Pada panel, Properties tuliskan Webcam di kolom document class. Bila muncul warning abaikan saja, karena definisi class ini akan kita buat nanti. Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  3. Simpan file flash ini, klik menu File > Save As.
  4. Buatlah sebuah file ActionScript eksternal yang mendefinisikan class dokumen kita, caranya klik menu File > New > General > ActionScript FileMembuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  5. Tuliskan Script berikut pada pada file ActionScript tersebut:
  6. 1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    12
    13
    14
    15
    16
    17
    18
    19
    20
    21
    22
    23
    24
    package
    {
        import flash.display.Sprite;
        import flash.media.Camera;
        import flash.media.Video;
        public class Webcam extends Sprite
        {
            private var webcam:Video = new Video();
            private var camera:Camera;
            private var camQuality:int = 80;
            private var fps:int = 30;
            public function Webcam():void {
                webcam.width = 640;
                webcam.height = 480;
                camera = Camera.getCamera();
                camera.setQuality(0, camQuality);
                camera.setMode(webcam.width, webcam.height, fps);
                webcam.attachCamera(camera);
                this.addChild(webcam);
            }
        }
    }
    Perhatikan code diatas, disini kita men-settings ukuran video pada layar sebesar 640 x 480 dengan kualitas 80, dan nilai FPS sebesar 30. Sederhana bukan?
  7. Klik menu File > Save As. Simpan file ini dengan nama Webcam.as pada folder yang sama dengan tempat kita menyimpan file Flash sebelumnya.
  8. Sekarang kembali ke File Flash untuk mengecek settingan publish, dan kemudian mem-publisnya. Klik menu File > Publish SettingsMembuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  9. Checklish pilihan HTML untuk mendapatkan hasil SWF yang di embed ke sebuah file HTML, agar kita dapat melihat hasilnya nanti melalui web browserMembuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  10. klik pilihan publish, atau tekan Shift+F12 pada keyboard. Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  11. lihat file HTML yang keluar, buka file ini dengan web broser yang kita punya. Jika sukses, maka pada awal tampilan Flash keluar akan menunjukkan sebuah dialog konfirmasi , ini muncul karena Flash Player memiliki prosedur standar untuk menjaga keamanan dan privasi dimana pada flash movie ini kita mencoba untuk meng-akses kamera webcam yang ada di komputer. Klik Allow untuk melanjutkan. Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
  12. Akhirnya, wajah anda yang tersorot webcam pun muncul di browser jika anda memiliki fasilitas Cam. Membuat Aplikasi WebCam Dengan Adobe Flash CS5 Image
Bagi yang ingin mendapatkan Source File secara lengkap bisa di download di: http://v5.indowebster.com/webcam_1.html

Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel.


Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. ImageMembuat pengolahan data penelitian atau data administrative tidak selalu dengan program-program statistik, ternyata Microsoft excel juga mampu melakukan hal tersebut.
Seorang mahasiswa kebingungan saat diberi tugas dosennya untuk membuat data statistik, karena pada laptop maupun PC nya tidak ada program statistik. Dalam benaknya, data statistik harus diolah dengan program statistik, misalnya SPSS, SAS, dan lain sebagainya.Yang lebih lucu lagi mahasiswa tersebut justru kaget begitu diberitahu bahwa data statistik dapat diolah dengan program Microsoft Excel. Dia mengira bahwa Microsoft Excel hanya ada fungsi-fungsi statistik yang pemakaiannya sangat terbatas pada statistik itu sendiri.
Demikianlah gambaran sebagian orang tentang kegunaan dari program Microsoft Excel dalam pengolahan data statistik. Untuk itu pada tulisan ini, FastNCheap akan mengajak anda untuk bermain statistik bersama Microsoft Excel 2010.
Statistic adalah ilmu dan seni atau teknik untuk mengumpulkan data, menyajikan data, mengumpulkan data dan mengambil kesimpulan berdasarkan data yang berhasil dihimpun.
Cara Mengaktifkan Referensi Tools Statistik Pada Excel 2010.

Microsoft Excel 2010 sudah menyediakan dua fasilitas untuk mengolah data statistic, yaitu dengan memanfaatkan fungsi-fungsi statistik yang ada, dan perintah analisis yang merupakan perintah tambahan (add-in) sehingga tidak ditampilkan pada menu utama Microsoft Excel 2010.
Sebelum dapat menggunakan perintah data analisis, langkah pertama yang harus dilakukan adlah mengaktifkan referensi tools yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel , di mana langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Aktifkan program Microsoft Excel hingga terdapat worksheet kosong.
  2. Klik Office button Microsoft Excel yang berada di ujung kiri atas jendela utama.
  3. Klik Menu Options yang berada dalam kumpulan menu vertical, mulai dari menu back sampai exit.
  4. Sebuah kotak dialog Excel Options ditampilkan, dan klik menu add-ins yang ada di jendela sebelah kiri.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  5. Pilih dan Klik Analysis tool pack pada daftar aplikasi add-ins yang tidak aktif.
  6. Klik tombol Go, dan sebuah kotak dialog add-ins ditampilkan.
  7. Berikan tanda check (lihat gambar) pada kotak check analysis tool pack.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  8. Terakhir, klik tombol OK dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi berakhir.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
Cara melakukan analysis stastik deskriptif dengan Excel bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang sebenarnya siapa saja bisa melakukannya.  Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam standar proses analysis adalah sebagai berikut :

  1. Dari menu utama MS.Excel, klik menu Data (lihat gambar).Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  2. Klik menu Data Analysis pada grup analysis dan sebuah kotak dialog data analysis ditampilkan (lihat gambar).
Analysis statistik yang akan di lakukan adalah mencari ukuran pemusatan dari segugus data yang diolah. Ukuran pemusatan merupakan sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data yang telah diurutkan, dari yang terkecil sampai yang terbesar. Ukuran pemusatan yang paling banyak antara lain :
  • Mean.
Mean merupakan nilai rata-rata atau nilai tengah dari segugus data.
  • Median.
Median merupakan nilai yang berada di tengah dari segugus data setelah diurutkan.
  • Modus.
Modul merupakan nilai yang paling sering muncul dari segugus data yang ada.
Contoh :
Hitung nilai mean, median, modus dari segugus data nilai Ujian Akhir Semester, yaitu: 95, 75, 70, 80, 75, 68, 80, 78, 97, 85, 64, 100, 70, 67, 90, 68, 65, 89, dan 75.
Jawab :
  1. Input-kan data-data UAS (lihat gambar).
    Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  2. Klik menu Data pada menu Utama MS.Excel , dan klik menu Data Analysis yang ada di grup Analysis.
  3. Pada kotak Dialog Analysis , pilih menu Descriptive Statistik, dan klik tombol OK untuk keluar dari kotak dialog tersebut.
  4. Selanjutnya ditampilkan kotak dialog Descriptive Statistics.
  5. Klik button pada Input Range, dan masukkan data kedalam kolom Input Range, yaitu dengan cara mem-blok data pada sheet (lihat gambar).Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  6. Berikan tanda cek pada Label in First Row jika cell yang dimasukkan tadi memuat label dari data.
  7. Klik Output Range, klik pada kolom output range, dan tempatkan pointer pada sembarang cell yang kosong.
  8. Berikan tanda cek pada pilihan Summary Statistics.
  9. Klik tombol OK.
    Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image


Simpulan :
Dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai rata-rata (mean) adalah 77, 8, nilai median 75, dan nilai modus adalah 75.


HISTOGRAM
Dan tutorial yang terakhir adalah mengenai histogram.
Pasti sudah pada bosan lihat tutorialnya kepanjangan kan? Jangan khawatir, ini yang terakhir kok.
Sedikit bercerita dahulu, Kata Histogram berasal dari kata Yunani yaitu Histos dan Gramma.
Microsoft Excel 2010 menyediakan fasilitas untuk membuat histogram, yaitu melalui perintah Histogram pada kotak dialog Data Analysis.
Contoh :
Buat sebuah histogram dari hasil penjualan buku perhari selama satu bulan, dimana bentuk datanya adalah sepert gambar dibawah ini.
Jawab :
  1. Klik menu Data, dan pada grup Analysis klik menu Data Analysis.
  2. Pada kotak dialog Analysis, klik menu Histogram.
  3. Klik tombol OK sampai tampil kotak dialog Histogram.
  4. Masukkan data penjualan buku tersebut pada kolom Input Range, dan abaikan isian Bin Range.
  5. Berikan tanda cek pada kotak cek Pareto (Sorted Histogram). Cummulative Percentage, dan Chart Output.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  6. Klik tombol OK, hasil proses pembuatan Histogram lihat gambar dibawah.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
Sekian dulu tutorial bermain statistik dengan Excel  ini. Semoga bisa menjadi pembelajaran buat semua pengunjung setia blog fastncheap.
Tambahan lainnya untuk stastik yang lebih deskriptif bisa di lihat di http://id.wikipedia.org/wiki/Statistika_deskriptif .

Menyembunyikan File Rahasia kedalam Gambar

Hallo udah lama nih gak nulis2 disini, maklum lagi sibuk2nya bengong nih :D
Sekarang tu orang udah pada pinter2 yah ??
kalo ada file2 yang berbau2 gimana gitu pasti langsung diklik kanan >> properties >> hidden,
Cuma trik ini mah trik lama tinggal di view hidden file udah pada nongol lagi deh tuh file2 rahasia kita :oops:
Nih ada cara keren nih, jadi nanti file2 kita yang pribadi misalnya rekaman kita sama Aura kasih :lol:
kita umpetin dibalik sebuah gambar tapi sebelumnya pastikan bahwa komputer kita udah terinstall WinRar.
(tau winrar kan ?? ituloh sodaranya winzip :-) )
Langkah 1 :
Kumpulkan file-file yang mau disembunyikan dan compress jadi satu dengan menggunakan Winrar.
Misalkan beri nama filerahasia.rar
Langkah 2 :
Siapkan sebuah file gambar (.jpg).  << ekstensinya JPG yah
Misalkan beri nama gambar.jpg
Langkah 3 :
Letakkan kedua file tersebut ( File gambar.jpg dan filerahasia.rar )dalam sebuah directory yang sama.
misalkan Drive c:
Langkah 4 :
Buka command prompt (start >> run >> [ketik] CMD) dan ketikkan :
c:\>copy /b gambar.jpg+filerahasia.rar hasil.jpg
Langkah 5 :
Setelah itu akan tercipta sebuah file baru dengan nama hasil.jpg.
Coba buka file hasil.jpg.
Sekilas tidak akan ada bedanya dengan file gambar.jpg yang sebelumnya kecuali ukuran filenya yang bertambah besar.
dan kita tetap bisa membuka file tersebut dengan Picture Editor atau Image Viewer
Tidak ada tanda-tanda bahwa sebenarnya ada sebuah file rahasia didalamnya.

Langkah 6 :

Bagaimana cara membuka file rahasia nya?
Klik kanan pada file hasil.jpg lalu pilihlah [Open With] –> [Choose Program..]. Pilihlah WinRar lalu klik [OK].
kita akan bisa melihat file rahasia dan bisa mengextract seperti biasanya.
moga2 berguna :arrow:

Pengertian unsur, senyawa, dan campuran dalam kimia


Lambang unsur
Setiap dalam suatu unsur pasti akan diberi lambang sesuai dengan aturan penulisan dalam internasional. Berikut ini adalah aturan penulisan dalam suatu unsur.
a.     Untuk lambang unsur yang hanya terdiri atas satu huruf, penulisannya itu
menggunakan huruf kapital.
Contoh seperti :
  • Karbon dinotasikan C.
  • Unsur Hidrogen dinotasikan H.
  • Unsur Oksigen dinotasikan 0.
b.     Untuk lambang unsur yang terdiri dari dua huruf, penulisan huruf pertama
menggunakan huruf kapital dan huruf kedua dengan mengunakan huruf kecil.
Contohnya seperti :
  • Unsur Natrium dinotasikan Na.
  • Unsur Kalsium dinotasikan Ca.
Berikut ini lambang unsur logam dan nonlogam
Unsur Logam
Unsur Nonlogam
Nama Unsur       Lambang
i Nama Unsur       Lambang
Aluminium          Al Argon                Ar
Antimon Sb Arsen As
Barium Ba Belerang S
Besi Fe Boron B
Bismut Bi Bromin Br
Emas Au Flourin F
Kalium K Fosforus P
Kalsium Ca Helium He
Kobalt                Co Hidrogen H
Kromium Cr lodin 1
Mangan Mn Karbon C
Magnesium Mg Klorin CI
Natrium Na Neon Ne
Nikel Ni Nitrogen N
Perak Ag Oksigen 0
Raksa Hg Silikon Si
Seng Zn Kripton Kr
Tembaga Cu Xenon X
Timah
Sn Selenium Se
Timbal Pb Radon Rn
Tabel periodik unsur


Untuk dapat dengan mudah mempelajari serta mengamati suatu unsur, dibuatlah sebuah table yang dinamakan tabel periodik unsur. Tabel periodik unsur ini ialah suatu tabel yang menggambarkan tentang unsur-unsur yang ada dalam kimia yang dibuat dalam bentuk tabel. Unsur tersebut diatur berdasarkan struktur elektronnya yang bersifat kimia unsur tersebut berubah-ubah secara beraturan di sepanjang tabel. Setiap unsur itu didaftarkan berdasarkan nomor atom serta lambang unsurnya. Dalam tabel periodik unsur, unsur dikelompokkan ke dalam golongan dan periode berdasarkan kesamaan sifat. Golongan dalam tabel periodik disusun secara vertikal (dari atas ke bawah), sedangkan periode unsur disusun secara horizontal (dari kiri ke kanan).
Definisi Senyawa
Definisi dari Senyawa itu ialah suatu gabungan yang terdiri dari dua unsur atau lebih yang bergabung secara kimia dengan perbandingan tertentu dalam setiap molekulnya. Senyawa itu dapat dituliskan dalam rumus kimia. Rumus kimia dari suatu senyawa dapat berupa rumus molekul dan rumus empiris. Ada yang tau nggak rumus molekul dan rumus empires itu pa ???
Kalua Rumus molekul itu adalah suatu molekul yang ada dalam rumus kimia yang menyatakan suatu jenis serta jumlah atom yang dapat menyusun zat. Sedangkan Rumus empiris adalah rumus kimia yang menyatakan suatu perbandingan terkecil atau jumlah dari atom-atom pembentuk senyawa. Contohnya seperti  n-heksana  memiliki  rumus  yang molekulnya  terdiri dari CH3CH2CH2CH2CH2CH3, yang menyatakan bahwa senyawa ini pasti punya struktur rantai lurus yang terdri dari masing-masing  6 atom karbon, dan 14 atom hidrogen. Dengan rumus molekul tersebut maka dapat disimpulkan bahwa formula kimia heksana adalah C6H14, sedangkan rumus empirisnya adalah C3H7 yang menunjukkan rasio C:H sebesar 3 : 7.
1.    Sifat-sifat yang ada dalam senyawa
senyawa itu ternyata mempunyai sifat-sifat tersendiri, berikut ini adalah sifat-sifat dari senyawa :
a.    Senyawa itu dapat terbentuk apabila melalui suatu proses  dari reaksi kimia
b.    Komponen penyusun yang ada pada suatu senyawa pasti mempunyai suatu perbandingan tertentu yang sifatnya tentu saja itu tetap.
(hukum Proust)
c.    Senyawa itu nggak bakal bisa dipisahkan dengan
komponen penyusunnya kembali dengan melalui reaksi fisika.
d.    Senyawa itu dapat dikategorikan sebagai senyawa zat tunggal.
e.    Mempunyai   sifat-sifat   tertentu   yang   berbeda
dengan unsur-unsur pembentuknya.perbandingan dua hidrogen
dan satu oksigen
2..    Penamaan dalam senyawa
a. Senyawa yang terdiri dari unsur logam dan unsur nonlogam
Nama dalam suatu unsur logam menjadi nama depan atau boleh dikatakan dengan duluan dan unsur nonlogam menjadi nama belakang.
Contoh:
Unsur logam     unsur nonlogam      rumus kimia    nama senyawa
Magnesium            oksigen                   MgO             Magnesium oksida
Kalium                     Brom                       KBr               Kalsium Bromida
b. Senyawa yang hanya terdiri dari unsur nonlogamnya saja
Senyawa yang terdiri atas dua unsur nonlogam, nama belakangnya pasti akan diberi akhiran/cta.
Apabila ada pasangan dalam suatu unsur yang bersenyawa lebih dari satu, maka penamaan senyawa
tersebut dibedakan dengan menyebutkan angka indeksnya, yang dinyatakan dalam bahasa yunani sebagai berikut.
1    = mono     6 = heksa
2    = di           7 = hepta
3    = tri           8 = okta
4    = tetra       9 = nona
5    = penta     10 = deka Contoh:
CO = Karbon monoksida    C02 = Karbon dioksida
c. Senyawa yang terdiri atas unsur hidrogen dan nonlogam
Terdapat dua aturan dalam pemberian penamaan untuk senyawa yang, tersusun atas unsur hidrogen dan nonlogam, yaitu:
1)    Kata hidrogen itu dapat dijadikan nama depan dan nama unsur nonlogam sebagai nama belakang dengan akhiran kata Ida.
Contohny seperti  HF = Hidrogen fluorida
2)    Menggunakan kata asam sebagai nama depan dan nama unsur nonlogam
sebagai nama belakang ditambah akhiran ida
Contohnya seperti HF = Asam fluorida
d. Senyawa yang terdiri atas unsur logam, oksigen, dan unsur hidrogen
apabila dalam suatu unsur oksigen merupakan unsur kedua yang diikuti dengan unsur hidrogen maka penamaan senyawa dapat menggunakan suatu  nama unsur logam sebagai nama depan. Kata hidroksida yang merupakan gabungan nama unsur hidrogen dan oksigen, sebagai nama belakangnya.
Contoh: NaOH: Natrium hidroksida KOH: Kalium hidroksida
C. Campuran
Campuran merupakan suatu gabungan yang terjadi atas beberapa zat dengan perbandingannya yang tidak tetap dan tanpa melakukan reaksi kimia. Sifat asli dalam suatu zat pembentuk campuran yaitu ada yang masih dapat dibedakan satu sama lain. Berdasarkan homogenitasnya, campuran itu dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu sebagai berikut.
1.    Campuran homogen
Campuran homogen ialah campuran yang tediri diantara dua zat atau lebih yang apabila partikel-partikel penyusunnya itu tidak bisa lagi dibedakan. Campuran homogen itu punya suatu bagian-bagian penyusun yang sama. Larutan merupakan campuran yang ada dalam suatu homogen. Oleh karenanya, campuran homogen itu kerap sekali disebut juga dengan larutan. Dalam larutan, zat itu dapat terlarut dan itu disebut dengan solute, sedangkan zat pelarut dinamkan solvent. Berikut ini adalah sifat dari larutan.
a.    dalam larutan itu Terdiri atas dua zat atau lebih yang setiap partikelnya itu  penyusunnya menyebar dan merata di seluruh larutan.
b.    dalam larutan Ukuran partikel larutan itu kurang dari 10 nm.
c.    Setiap partikel penyusun larutan menyebar merata di seluruh larutan.

2. Campuran heterogen meruakan Campuran antara dua macam zat atau lebih yang partikel-partikel penyusunnya masih dapat dibedakan satu sama lainnya. Campuran Heterogen itu dapat dibedakan menjadi 2 yaitu sebagi beikut :
a.    Koloid
Partikel-partikel yang ada dalam koloid hanya dapat terlihat dengan menggunakan suatu alat jenis mikroskop yang dinamakan mikroskop ultra. Ukuran partikel yang terdapat dalam larutan kira-kira antara 10 sampai dengan 1000 nm. Partikelnya pun menyebar, tetapi nggak bisa mengendap, serta tidak dapat menghamburkan cahaya. Contohnya seperti susu, asap, kabut, agar-agar, kuningtelur dll.
b.    Suspensi
Obat batuk cair merupakan contoh larutan heterogen (www. flickr.com)
Partikel-partikel yang terdapat pada suspensi dapat dilihat hanya dengan mikroskop biasa. Ukuran partikelnya pun lebih besar yaitu kira-kira sampai 1.000 nm. Suspensi nggak bisa ditembus cahaya. Contohnya seperti minyak dengan air, air keruh, dan air kapur.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat mempengaruhi proses kelarutan dalam suatu zat.
1.    Suhu
Suatu zat akan dapat semakin mudah terlarut dalam zat pelarut apabiila suhunya itu semakin tinggi. Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya suatu partikel-partiklel dalam suatu zat pada suhu yang lebih tinggi dan dapat bergerak lebih cepat sehingga kemungkinan dapat terjadinya suatu tumbukan yang lebih sering dan efektif. Ini membuat zat semakin mudah terlarut.
2.    Ukuran zat terlarut    . *
Secara umum, makin besar luas permukaan pada suatu zat maka pelarutannya pun akan makin lebih cepat. Hal ini dsebabkan karena dengan semakin besar luas permukaan suatu zat, berarti semakin banyak pula partikel yang bertumbukan dan akan mempercepat proses terbentuknya larutan.
3.    Volume  dalam pelarut
Volume pelarut ternyata dapat mempengaruhi proses kelarutanjuga lho…??? . Semakin banyak volume pelarut yang digunakan, maka akan makin cepat suatu zat akan melarut.
4.    Pengadukan
Proses pengadukan dapat mempengaruhi suatu proses dalam kelarutan. Dengan adanya proses dalam pengadukan, pada suatu zat akan semakin lebih cepat terlarutnya dalam suatu pelarut.
D. Pemisahan Campuran
Berikut adalahcontoh pemisahan pada campuran :
Proses industri yang melibatkan proses pemisahan, antara lain pengolahan minyak bumi, pemisahan logam dari mineralnya, penjernihan air, pengolahan limbah industri. Pemisahan campuran dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut.
1.  Penyaringan atau lebih dikenal dengan filtrasi
Dalam suatu proses Penyaringan dilakukannya berdasarkan perbedaan ukuran partikenyal. Dalam Proses penyaringan menggunakan suatu penyaring contohnyanya seperti kertas saring, sehingga partikel-partikel yang sangat kecil dapat melewati penyaring tersebut. Hasil penyaringan pada partikel-partikel disebut dengan filtrat, sedangkan partikel-partikel yang lebih besar dan tertahan pada kertas saring disebu dengan residu.
2. Penyulingan (destilasi)
Penyulingan ialah suatu teknik dalam suatu pemisahan campuran yang terjadi berdasarkan pada perbedaan suatu titik didih yang terdiri dari masing-masing komponen yang ada dalam suatu campuran. Proses pemisahan campuran ini dilakukan dengan caradengan cara penyulingan dilakukan dengan dua cara, yaitu yang pertama adalah dengan cara penguapan pengembunan. Campuran itu mula-mula dipanaskan sampai di atas titik didih zat yang akan dipisahkan. Karena titik didih zat yang akan dipisahkan lebih rendah dari titik didih campuran maka zat tersebut akan menguap lebih dahulu. Uap yang terbentu«: selanjutnya didinginkan sehingga menjadi cairan.

3. Kristalisasi
Zat padat itu nggak bakal dapat dipisahkan dari larutan dengan cara disaring. Zat padat dipisahkan dari larutan meialui proses kristalisasi. Kristalisasi dapat terbentuk jika uap dari partikel yang sudah mengalami sublimasi menjadi dingin. Pada kristalisasi, bahan-bahan lain yang tidak diinginkan, tetapi terdapat dalam campuran, akan tetap berwujud cair.
4. Sublimasi
Sublimasi merupakan perubahan dari wujud zat padat menjadi gas, atau sebaliknya. Tetpai Untuk dapat dipisahkan melalui metode sublimasi ini  zat terlarut harus dapat memiliki perbedaan titik didih yang ti’nggi sehingga dapat menghasilkan suatu uap dengan tingkat kemurniannya yang tinggi. Zat yang dapat menyublim, antara lain kapur barus, iodium, dan kafein.

5. Kromatografi
Kromatografi merupakan suatu tekniik dalam pemisahan suatu campuran dengan cara menguraikan partikel yang berwarna. Dalam campuran tersebut penguraian partikel tersebut berubah menjadi komponen-komponen penyusunnya. Kromatografi biasa digunakan dalam industri makanan yang berguna untuk mengetahui suatu pewarna makanan berbahaya atau tidak bagi kesehatan.
6. Ekstraksi
Ekstraksi ialah pemisahan dalam suatu zat dari campurannya dengan cara melarutkan zat tersebut pada pelarut yang sesuai. Ekstraksi biasanya dilakukan pada industri teh botol.
7. Adsorbsi
Adsorbsi merupakan penarikan yang dilakukan dengan kuat sehingga zat tersebut dapat menempel pada permukaan absorben atau yang lebih dikenal dengan zat penyerap. Zat yang biasa digunakan sebagai penyerap itu seperti karbon aktif yang gunanya itu mampu menyerap gas, zat warna, dan bahkan mikroorganisme. Adsorbsi ini biasa dilakukan pada industri gula yang bertujuan untuk dapat memutihkan gula yang kotor.
8. Penguapan
Penguapan merupakan suatu teknik untuk dapat bisa memisahkan suatu campuran, dengan zat terlarut dalam campuran tersebut adalah zat padat dan pelarutnya adalah zat cair. Penguapan yang terjadi inidapat dilakukan dengan cara memanaskan larutan hingga suhu tertentu. Jika suatu larutan dipanaskan melebihi titik didih pelarutnya maka partikel pelarutanya pun akan semakin menguap, sedangkan padatan yang terlarut akan tertinggal.
(maaf ni artikel saya copvas) di "http://klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/pelajaran-kimia/pengertian-unsur-senyawa-dan-campuran-dalam-kimia/"

Efek Fiberglass Bagi Kesehatan


Apakah fiberglass?

Fiberglass, kadang-kadang disebut benang kaca, adalah buatan manusia di mana serat-serat membentuk substansi seperti kaca. Fiberglass digunakan dalam berbagai keperluan, seperti memperkuat bahan plastik dalam olahraga mobil, body kapal dan perlengkapan kamar mandi ; sebagai isolasi dalam bangunan, stoves, kulkas dan furniture manufaktur tertentu dan produk tekstil, seperti jendela fiberglass drapes. Struktur dan ukuran serat kaca ini bervariasi. Serat yang lebih kecil, yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, yang diduga masuk ke dalam paru-paru, sedangkan yang lebih besar,  partikel  fiberglass dapat terlihat menyebabkan iritasi pada kulit, mata. hidung dan tenggorokan. 
Siapa yang terkena?
Pekerja di dalam bangunan konstruksi dan pemeliharaan industri, terutama pekerja isolasi, beresiko terkena fiberglass.  pekerja Fiberglass  di industri manufaktur dan perbaikan body mobil , paru-paru pekerja mungkin dapat terkena  bahaya dari fiberglass dan bahan kimia yang yang lainnya di tempat kerja. Menurut Pemerintah Federal, hampir 20.000 produk dibuat menggunakan fiberglass, dan sekitar 200.000 pekerja di Amerika Serikat yang terkena bahaya fiberglass itu. bekerja sendiri dirumah menggunakan fiberglass seperti memasang isolasi atau dalam proses melakukan perbaikan rumah juga beresiko. 

Bagaimana kontak terhadap fiberglass terjadi?

Pekerja menggunakan fiberglass mungkin terkena debu serat dari fiberglass itu sendiri dan berbagai bahan kimia yang terkait dengan penggunaan itu.

Kontak langsung dengan bahan fiberglass atau terkena debu fiberglass di udara menyebabkan gatal kulit, mata, hidung dan tenggorokan. Ada kemungkinan bahwa serat menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru atau saluran udara, atau meningkatkan kemungkinan mengembangkan kanker paru-paru. menghirup  serat debu yang dapat mengganggu saluran pernapasan, sehingga batuk dan mengeluarkan  lendir berlebihan, kondisi ini disebut sebagai bronkitis.

Epoxy Resins adalah bahan kimia yang digunakan dalam  pernis dan plastik, atau dikombinasikan dengan komponen lain untuk membentuk plastik.epoxy resin juga digunakan untuk memperkuat, mengeraskan, atau memberikan fleksibilitas untuk fiberglass. Breathing epoxy Resins dapat menyebabkan kesesakan dada, sesak nafas atau tersenggal. Kontak kulit dapat menyebabkan ruam/ alergi.

Styrene adalah bagian dari resin polyester digunakan dengan fiberglass. menyebabkan iritasi pada mata dan hidung pada konsentrasi rendah; pada konsentrasi tinggi menyebabkan sakit kepala, pusing,  dan kadang-kadang mual.
Acetone dan Mek (methyl ethyl Ketone) yang umum digunakan dalam larutan fiberglass lay-up dan spray-up. dapat menyebabkan iritasi mata, hidung dan tenggorokan. menghirup uapnya  dapat menyebabkan kantuk, kesulitan bernapas, dan lebih serius kerusakan pada paru-paru dan sistem saraf. 

Pencegahan dan Perlindungan

Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena debu serat fiberglass dan bahan beracun yang sering digunakan sebagai campurannya.

Adanya undang-undang undang-undang untuk melindungi pekerja dari bahaya dan resiko pekerjaan. The Occupational Safetyand Health Administration (OSHA), melalui Standar Komunikasi Bahaya, mengharuskan memberi penerangan pada pekerja tentang bahaya pekerjaan mereka . Banyak negara yang telah memeberi penerangan  terhadap pekerjanya  dan masyarakat pada umunya tentang undang undang  ini.

Lingkungan kerja yang cukup ventilasi adalah sangat penting. Pengusaha harus memberikan pencuci pakaian kerja atau fasilitas khusus untuk mencuci pakaian. Fasilitas cuci dan shower harus dibuat tersedia bagi para pekerja untuk membersihan pakaian kerja sebelum digunakan. penghisap debu , penyempot debu dan prosedur penyapu (sweeping) basah  dapat membantu dalam mengurangi debu yang disebabkan oleh fiberglass. Sweeping kering atau jenis lainnya , membersihkan debu  yang dapat menyebarkan debu fiberglass ke udara harus dihindari. Informasi tentang sistem ventilasi efektif untuk menghilangkan debu  tersedia dari negara dan federal Occupational Keselamatan dan Kesehatan Agen, Dewan Keamanan Nasional, dan Pemerintah Amerika Konferensi Industri Hygienists dalam Industri ventilasi Manual.
Pakaian pelindung dan peralatan sarung tangan dan pakaian pelindung lainnya dapat membantu mencegah masalah kulit dengan mengurangi kontak langsung dengan serat kaca. Masker debu dapat membantu mencegah atau mengurangi penghirupan  partikel kecil dari fiberglass. kacamata yang sesuai dan digunakan dengan benar dapat mencegah iritasi mata. gunakan Respirators (alat pernapasan) jika perlu, untuk mengurangi kontak dari debu serat dan bahan kimia. Respirator dipilih berdasarkan pada ukuran dan konsentrasi dari partikel fiberglass . Informasi tentang peralatan perlindungan efektif  tersedia di negara dan federal Occupational Keselamatan dan Kesehatan Agen, Dewan Keamanan Nasional, dan Pemerintah Amerika Konferensi Industri Hygienists' Industri ventilasi Manual.
Pekerja harus membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan dan menjaga makanan dari tempat kerja. Makan, minum dan permen karet di tempat kerja harus dihindari. dalam menggunakan bahan kimia dengan fiberglass, baca dan  ikuti petunjuk/ instruksi   dari pabriknya  untuk mengurangi bahaya dari bahan- bahan kimia tersebut . waspadalah ! apabila muncul efek pada pernapasan pada saat bekerja. seperti sesak dada, tersenggal, batuk berat atau batuk yang tidak berhenti. jika kondisi ini muncul, pergilah ke dokter. Merokok rokok  atau ganja dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru cepat berkembang jika ditambah dengan kontak pada fiberglass dan bahan kimia yang menyertainya.

Belajar bikin fiberglass yuk!


street fighter custom karya Win's Paddock
Maaf nech sebelum nya saya cuman copy ni artikel dari saudara Fikri RAhmaniar.. soalnya gw tertarik neh liat artikel. gw takut lupa makanya gw copy z nich artikel..klw mau aslinya ni link nya...(http://kumbangjantan.wordpress.com/2009/05/01/belajar-bikin-fiberglass-yuk/) 

street fighter custom fiberglass karya Win's Paddock
Siapa pengen punya motor impian dengan desain body sesuai idaman kita? Atau pengen mewujudkan ide-ide liar bentuk body motor? Bisa aja semua itu diwujudkan… Bikin aja body motor hand made berbahan fiberglass.
Trus gimana bikinnya donk? Tenang.. tenang… Aku bakal ceritain pengalamanku belajar bikin body motor handmade dari fiberglass. Pengalaman ini aku dapet waktu liburan semester 4 kira-kira 8 bulan lalu lebih spesifik lagi bulan Juli sampe Agustus.
Sebelum liburan emang udah kurencanain libur 2 bulan lebih itu bakal kuiisi buat modif motor, salah satu rentetan modif itu ya coba-coba bikin body dari fiberglass. Sebelum liburpun aku udah mencari-cari referensi dari berbagai sumber baik dari tumpukan ratusan edisi tabloid koleksiku, antara lain Motor Plus, Ototren, Otoplus, maupun dari ubek-ubek internet. Mulai dari cari tau bahan-bahannya, cara mengaplikasikannya, gimana bikin cetakannya, sampai dimana tempat beli bahan-bahannya di sekitar daerahku.
Tibalah waktu buat liburan. Sesuai rencana bakal ngerjain proyek ini di kampong halaman. Setelah dapet info dimana tempat belinya langsung menuju TKP buat beli bahan-bahannya. Belanja ini itu ternyata cuma abis dikit sekitar 100 ribuan. Buat bahan-bahan yang aku pake yaitu:
1. Resin. Ini buat bahan utamanya, ibarat bikin beton resin itu kayak semennya. Berbentuk cair warna merah.
2. Mat. Kalo yang ini yang bentuknya serat-serat putih itu loh…
3. Katalis. Ini bahan campuran resin yang berfungsi memperkeras resin.
4. Talk. Tugasnya ngebikin hasil akhir lebih keras dan kaku.
bahannya resin, katalis, talk sama mat
bahannya resin, katalis, talk sama mat
Bahan-bahan di atas bisa didapetin di toko kimia. Khusus di Purwokerto aku dapet di toko kimia C-Jaya Q-mia di daerah Kombas. Buat kota lain silahkan keliling kota deh buat nemuin tuh toko kimia.
Langkah pertama adalah nentuin apa yang mau kita bikin dengan fiberglass. Ya iyalah harus tau kita mau bikin apa! Maksudnya kita bikin dulu cetakan body yang bakal kita bikin. Sebelum bikin cetakan, harus udah ditentuin model yang kita mau. Model itu bias dari kreasi sendiri atau niru model motor yang udah ada. Kalo mau lebih sip dari model yang kita mau bisa dibikin dulu model 3D-nya pake software macam Lightwave atau 3Dsmax trus diolah biar bisa di-print out hasilnya jadi bikin cetakan tinggal dibikin dari kertas yang udah dibikin dari model 3D tadi.
Tapi berhubung aku gaptek, gak pake 3D-3D-an, manual aja deh! Bermodal imajinasi ngebayangin motor-motor impian langsung sambil ngegunting-gunting kertas karton dan disambung-sambung pake selotip. Cermati kesimetrisan kanan-kiri, liat lagi kanan kiri kalo masih ada yang aneh terpaksa dibongkar lagi sampe bener-bener nemu hasil paling oke. Kalo belum nemu juga yang paling oke dan simetris ya…diulang lagi aja!
bikin cetakan dari kertas karton
bikin cetakan dari kertas karton
cetakan-fiberglass-2
cetakan-fiberglass-4
gimana udah oke belum modelnya?
tampak belakang tuh
tampak belakang tuh
Setelah cetakan terbentuk, langsung ke proses eksekusi. Tutupin bagian motor yang sekiranya bakal ketetsan resin pake kertas bekas. Bahaya nih kalo sampe nempel ke bagian motor lain bakalan susah banget diilangin bahkan mesti digerinda loh! Makanya mesti ati-ati banget biar tetep aman…
campuran buat bikin adonannya
campuran buat bikin adonannya
Kalo udah, siapin bahan-bahan yang tadi udah disebutin ditambah alat-alat pendukung lain kayak kuas, gelas air mineral, pengaduk, dan kalo perlu sarung tangan buat ngehindarin gatelnya mat fiber. Racik bahan-bahan itu. Komposisinya setengah gelas resin ditambah talk kira-kira perbandingan 1:1. Diaduk-aduk trus ditambahin lagi katalis sekitar 10-12 tetes. Jangan kebanyakan katalis karena bisa kecepetan kerasny tuh adonan. Aduk lagi deh ampe rata.
Mari membuat lapisan pertama. Pastikan permukaan bersih. Kalo perlu bisa ditambahin/dilapisin Mirror Glaze Mold Release biar ntar gampang dilepasnya tuh cetakan. Tapi kalo gak pun its okay…
Olesin adonan “bubur” tadi pake kuas di cetakan body. Kamu punya waktu kira-kira 30 menit sebelum adonan itu keras. Tapi nyante ajayang penting rapi dan rata. Setelah 1 lapis selesai, biarin dulu 10 menit sampe agak kering dikit terus ditempelelin tuh matnya cukup 1 lapis tiap bagian. Setelah semua dilapisin mat, olesin lagi pake adonan resin tadi. Tunggu 1 lapisan ini agak kering.
Buat lapisan kedua dan seterusnya adonan yang dipake cukup resin + katalis aja karena kalo pake talk lagi, hasil akhirnya bakal terlalu berat. Lagian Lapisan pertama yang pake talk itu udah cukup buat semacam “pondasi”. Nah karena udah ada pondasinya, lapisan berikut cukup dilapis batu bata dan semen, eh maksudnya mat dan resin+katalis. Buat komposisi tetep sama, setengah gelas resin ditambah 10-12 tetes katalis.
Langsung aja lapisan kedua dibikin. Tampelin mat merata ke semua sisi. Olesin lagi pake adonan resin+katalis sampe merata. Kita bisa bikin sampai kira-kira 3 lapis mat. Gak terlalu tebal tapi udah cukup kuat. Tunggu sampai semua bener-bener kering sekitar 6-8 jam. Lalu pisahin dari cetakan deh. Gimana hasilnya?
udah jadi tinggal finishing...
udah jadi tinggal finishing...
Setelah body kreasi dipisahin dari cetakan, udah kebentuk tuh body motor keren. Tapi masih kasar kan? Perlu dialusin pake gerinda atau amplas kasar. Tapi perlu diinget kalo pake gerinda mesti ati-ati banget jangan sampe kebanyakan dikikis sampe ngerubah bentuknya atau malah sampe bolong! Jadi tetep ati-ati ya yang penting rapi gak usah keburu-buru. Setelah itu bisa didempul trus di-epoxy dan dicat dah…
Kalo hasil kreasi yang kubuat, hasilnya gak ancur-ancur banget lah buat proyek nekat pertama. Tapi ada banyak kekurangan antara lain yang paling parah adalah KURANG SIMETRIS! Selain itu juga aku kebanyakan pake talk jadi hasilnya sangat amat berat padahal cuma pake 2 lapis mat loh… Dan sayangnya waktu liburanku keburu abis dan mesti buru-buru balik ke Jogja jadi motor harus dibalikin lagi kayak sedia kala. Dan…. proyek ini dinyatakan ditunda! Kalo aku punya waktu luang lama lagi pengen banget ngelanjutin proyek ini lagi tapi gak tau deh dapet liburan panjang lagi kapan kayaknya kuliah udah makin sibuka aja.

Hal - Hal Lainnya



Mengenai baterai :
Baterai yang digunakan pada umumnya adalah jenis Ni-Cd atupun jenis NiMH. Adapun keuntungannya menggunakan NiMH adalah, tidak adanya "memory efek" yang timbul, jika baterai di isi sebelum isinya benar-benar habis (min 0,8 V per baterai), hal ini akan berakibat buruk pada baterai, dan lama kelamaan tenaga bateraipun akan berkurang. NiMH mempunyai kelemahan, bahwa baterai jenis ini harus selalu dalam kondisi terisi, terutama jika mau disimpan untuk agak lama (5, 6, 7 bulan...atau lebih), dan pada umumnya tidak mempunyai tegangan yang konstan, pada saat baterai tersebut dibebani/dipakai. Khusus untuk helikopter saya anjurkan dengan kapasitas minimum 2000 mAh (biasanya paling sedikit dengan 7 baterai), agar putaran mesin dapat lebih konstan. Baterai-baterai ini dengan penggunaan yang "normal" dapat bertahan hingga 500 kali pengisian. Adapun pengisian baterai yang paling "aman" adalah dengan 0,1C (C=kapasitas baterai) selama 12 samapai 14 jam. Pengisian dengan 0,5C atau bahkan 1C dan 2C hanya dapat dilakukan pada baterai-baterai tertentu yang mengijinkan sistem "quick-charge".
Baterai yang akan kita gunakan, dapat kita rakit sendiri. Adapun keuntungannya adalah, bahwa kita dapat memilih baterai sesuai dengan arus dan jumlah tegangan yang diinginkan. Untuk RC flight biasanya diperlukan baterai dengan min 1500mAh 7,2V sedangkan untuk RC heli diperlukan min 1800mAh 8,4V.
 
Tetang Lithium Baterai (updated on February 2009):
  Tidak dapat dihindari lagi bahwa "Lithium" baterai akan menjadi "favorit" terutama untuk para penggemar model    electric-RC sekarang ini, karena ukurannya lebih kecil, beratnya lebih ringan dan kapasitasnya lebih tinggi dari pada  baterai tipe NiCd/NiMH. Karakteristik kimia dari baterai tipe ini sangat berbeda dengan tipe baterai yang kita kenal  sebelumnya oleh sebab itu penanganannyapun cukup berbeda. Saya akan coba jelaskan sedikit (terutama kepada  rekan2 pemula) mengenai baterai tipe Lithium ini;


Ada 3 jenis baterai Lithium sekarang ini yang kita kenal dipasaran :
  • Tipe LiLo =  Maximal 4.1V/cell, dan "Cut-Off" level 2.5V/cell, Voltage Level = 3.6/cell
  • Tipe LiPo =  Maximal 4.2V/cell, dan "Cut-Off" level 3.0V/cell, Voltage Level = 3.7/cell
  • Tipe LiFe =  Maximal 3.6V/cell, dan "Cut-Off" level 2.0V/cell, Voltage Level = 3.3/cell
Yang paling umum digunakan untuk rc-model adalah tipe LiPo (standar tahun 2009) sedangkan "simple" charger yang tersedia umumnya hanya untuk charging baterai tipe LiPo, kecuali beberpa tipe computerized charger yang salah satunya adalah  e-Station BC6 dari BANTAM dapat digunakan untuk charging ketiga baterai Lithium tersebut diatas. Penanganan baterai jenis LiPo pada umumnya adalah harus sangat hati-hati!!! Jika kita berniat hanya mau coba2 saja dengan baterai ini ataupun tidak mau memperhatikan jenis chargernya (mau coba2 menggunakan charger biasa), maka sebaiknya kita tidak mencoba untuk menggunakan baterai tipe ini. Arus yang terlalu besar dapat mengakibatkan baterai "meledak", hubungan pendek akan langsung merusak baterai, demikian pula dengan tegangan yang terlalu rendah (dibawah 3V pada jenis LiPo)pada saat "discharge".  Charging LiPo harus selalu menggunakan charger spesial untuk LiPo dan tidak boleh menggunakan charger yang lain. Perhatikan jika kita membeli charger terpisah dengan baterainya, apakah charger tsb bisa di "set" untuk berbagai macam Lithium baterai, dalam hal ini perlu di set untuk LiPo bahwa tegangan maximum yang diperbolehkan adalah 4.2V/cel!! Perhatikan pada saat mulai charging, apakah jumlah baterai sesuai dengan setting pada charger yang telah ditentukan sebelumnya, (ini sangat penting!!). Mungkin rekan2  agak sedikit bingung mengenai kabel baterai jenis Li, karena adanya kabel tambahan selain kabel positif dan negatifnya. Kabel ini kita sebut "balance-cable"  yang terhubung dengan masing2 cel di setiap paket baterainya. Hubungkan senantiasa "balance" kabel dengan charger yang mempunyai kemampuan untuk "balance-charger". Perlu diperhatikan disini bahwa "balancing" pada jenis Lithium baterai sebenarnya adalah merupakan keharusan, karena jika ada salah satu cel yang rusak pada paket baterai dan tidak terdeteksi, kondisi baterai menjadi tidak optimal dan proses charger berikutnya dapat merusak lebih banyak lagi baterai (paket baterai juga bisa "meledak" walaupun charger sudah di set sesuai dengan jumlah cel dalam satu paketnya). Jadi selalu gunakan "balancer" jika memang charger anda tipe charger LiPo biasa (balancer tidak terintegrasi di dalam charger). Namun saya sarankan lebih baik untuk membeli "balance-charger" saja untuk lebih memudahkannya (two in one).

  Contoh hubungan baterai ke charger : + baterai ke + charger, - baterai ke - charger, dan balance connector.







Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan pada saat charging:
  • Untuk selalu mengawasi proses charging Lithium baterai dan charging process tidak boleh ditinggalkan begitu saja (contoh, charge dari malam hari ke pagi dan kita tinggal tidur). Ini karena proses charging Lithium lebih "sensitif" dan harus lebih "dikontrol". 
  • Selalu menggunakan alas untuk charger yang tidak mudah terbakar, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 
  • Sebaiknya baterai tidak di charge melebihi "1C", kecuali memang diperbolehkan oleh pabrik pembuatanya (lihat lagi spesifikasi baterai). Saya pribadi lebih senang dengan 1/2C atau bahkan 1/4C untuk memperpanjang umur baterai.
  • Jika pada saat charging paket baterai menjadi "kembung", secepatnya matikan charger, letakkan baterai di area yang aman (luar ruangan), tunggu beberapa jam (~2jam), lalu "discharge" baterai tersebut (bisa menggunakan lampu dengan tegangan yang sesuai, sampai lampu benar2 mati) dan buanglah paket baterai tersebut (jangan digunakan lagi).
  • Jika rc-model pesawat yang menggunakan Lithium baterai jatuh, keluarkan baterai perlahan-lahan dari tempatnya, cek kondisi baterai, lalu diamkan beberapa menit (~20min)  sebelum disimpan. Ini dilakukan karena bisa saja ada "short" ketika baterai terbentur dengan keras.
  • Charge baterai tipe ini selalu di area yang terbuka dan cukup ventilasinya.
Sama sepeeti model baterai NiCd/NiMH, "C" pada Lithium baterai juga menggambarkan kapasitas baterai tersebut.  Jika sebuah paket baterai Li mempunyai kapasitas 2200 mAh, maka baterai tersebut secara teoritis dapat memberikan kapasitas sebesar 2200mA selama satu jam (=1C) ataupun 4400mA selama setengah jam (=2C)...dst.  Lithium baterai mempunyai keterbatasan besarnya arus yang dapat dihasilkan tergantung dari kapasitanya. Oleh karena itu Lipo dapat di hubungkan secara "paralel" untuk meningkatkan kapasitas paket baterainya. Jika kita menghubungkan 2 cell baterai 2000mAh secara paralel, maka praktis kapasitas baterai menjadi 2C (4000mAh) dengan tegangan yang sama (tidak berubah). Dengan kondisi ini jika kita melakukan "discharge 2C" pada paket sebelumnya hanya didapakan 4000mAh, sedangkan pada paket paralel kita mendapatkan 8000mAh.  Dengan ini maka paket Lithium baterai juga menggunakan simbol "SxPx" yang artinya berapa cel disusun secara "seri" dan berapa disusun secara "paralel". Jadi jika kita melihat indikas "3S4P" dan 2100 mAh setiap cell/ baterai artinya ada 12 cell baterai pada paket tersebut dengan tegangan sebesar 3S (karena susuan seri adalah yang selalu menentukan jumlah tegangan baterai). Jika paket baterai mempunyai kemampuan maximum "discharge" 6C, maka nominal voltage baterai adalah 11.1V (3 x 3.7V) dan maximum "discharge" rate-nya adalah 50.4Ah (2100mAh x 6 x 4). Note : Voltage level/ standar tegangan untuk LiPo adalah 3.7V.

Radio Pemancar (Transmitter):
Berbagai macam jenis transmitter yang dapat digunakan untuk model RC. Paling kiri adalah type Tx yang pada umumnya hanya digunakan untuk model RC car. Harap diingat, ketika sedang menerbangkan model RC, frekuensi yang digunakan harus kosong! (tidak  digunakan oleh penerbang lain). "Modul" frekuensi dari setiap transmitter harus dapat ditukar sesuai dengan frekuensi yang kita inginkan.
 
 
 
 
Disini saya berbicara khusus untuk model yang bertenaga baterai, untuk pesawat, minimum diperlukan 3 kanal, sedangkan untuk heli sebaiknya minimum 5 kanal. 
Adapun kanal tersebut diperlukan untuk kedua model sbb :
  • Pesawat : ch1 Speedcontrol, ch2 Rudder, ch3 Elevator (jika ada extra kanal tentunya dapat ditambahkan dengan ch4 Aeleron, ch5 Flap, ch6 Roda pesawat....dll)
  • Helikopter : ch1 Speedcontrol, ch2 Kemudi depan, ch3 Kemudi samping, ch4 Tailrotor, tentunya yang ini dengan option "fix-pitch". (Disarankan untuk heli, minimum menggunakan radio 5 kanal, sehingga ada tambahan ch5 Collective Pitch).
Sebelum servo maupun receiver dipasang didalam RC model, ada baiknya dilakukan "test" dahulu, apakah semua bagian berfungsi dengan baik. Seperti gambar disamping ini, servo, receiver dan baterai dihubungkan, dan sekarang kita coba gerakkan stick transmitter. Servo harus bergerak sesuai dengan arah maupun jauhnya gerakan stick Tx dari posisi netral/tengah.


 
Terutama untuk helikopter sebaiknya menggunakan radio/transmitter yang menggunakan sistem komputer, sehingga fasilitas revo-mix, dual-rate, servo-trimming, autorotation, Idle-Up (dan masih ada beberapa option lagi) bisa diatur secara tepat. Penting bagi pemula adanya extra option variable gas & pitch sehingga heli dapat lebih mudah untuk "hover".Beberapa option yang utama (karena cukup banyak dan tergantung dari kemampuan transmitternya), saya akan jelaskan disini. 
Pesawat :
  1. Dual Rate : posisi "lengan" servo dapat di set ke sudut tertentu dengan menggunakan extra switch
  2. Servo-Trimming : posisi "lengan" servo dapat di set ke posisi netral dengan parameter transmitternya
  3. Flaps : posisi aeleron dapat di set sehingga gerakannya searah (dapat digunakan untuk "soft-landing" pesawat)
Helikopter : (seperti yang option pesawat tanpa flaps, plus...)
  1. Revo-Mix : menyesuaikan perputaran baling-baling utama dengan baling-baling ekor, sehingga membantu heli untuk tidak berputar ketika "hover"
  2. Autorotation : kemampuan baling-baling  untuk berputar terus ketika motor dalam kondisi "off " (dapat dugunakan untuk "soft" maupun "emergency" landing).
  3. Idle-Up : kemampuan untuk men-"set" motor pada "rpm " tertentu (konstan).
Center of Gravity (CG =Titik Berat) :
Beberapa contoh baling-baling untuk "Electric-Heli"
Baling-baling utama helikopter, perlu di kontrol CG-nya sebelum boleh berputar pada kecepatan tinggi. Tanpa setting CG yang benar, heli akan mengalami vibrasi, dan pengendalian akan sangat sulit sekali. Adapun cara pengontrolan CG adalah :
  • Gunakan sebuah penggaris yang didirikan, lalu letakkan salah satu balingnya, dan setelah "balance" beri tanda. Lakukan pada baling-baling kedua, lalu beri tanda juga. Dan sekarang bandingkan tanda tersebut. jika ternyata lokasinya tidak sama (> 1mm), maka yang letak CG-nya lebih luar adalah yang benar. Lekatkan sticker pada baling yang CG nya agak kedalam, sampai persis kedua CG tersebut sama, artinya mereka sudah  "Dynamic-Balance".
  • Kedua baling-baling lalu ujungnya di isolasi (dengan "tape"), sekarang letak pertemuan mereka diletakkan di atas penggaris, tidak boleh berat sebelah, jika ternyata salah satu baling lebih ringan, maka perlu diberi sticker pada baling tersebut, tepat di CGnya. Sekarang mereka juga "Static-Balance".
Heli hanya boleh terbang, jika sudut pitch telah di "set", dan dinamik, serta statik keseimbangan telah dicapai.
Gyro/Autopilot :
Ini Gyro yang saya gunakan, Futaba FP-G 154
Bagi yang belum pernah menggunakan gyro (mutlak untuk model heli), tentunya sering bertanya-tanya, apa fungsi dari gyro/autopilot ini. Sebenarnya dari kata "autopilot" mungkin kita sudah bisa menerka fungsinya, sebagai pengendali otomatis. Untuk heli, maka yang akan dikendalikan adalah tailrotor. Jadi pada prinsipnya, servo untuk tailrotor dikendalikan oleh transmitter (manual), dan oleh gyro (automatic), dengan tujuan, agar ekor heli (bagian heli yang agak kritis...) dapat lebih stabil dan hanya memerlukan sedikit pengendalian saja. Jadi, jika ada yang bertanya, apakah tanpa gyro juga kita bisa menerbangkan heli, jawabnya ya.... tapi pengendalian heli akan sangat sulit sekali (bayangkan angin kecil yang selalu bertiup setiap saat akan mempengaruhi stabilitas tailrotor). Bagaimana cara bekerjanya gyro ? Secara alamiah tidak begitu sukar untuk memahaminya, tapi secara teoritis, perlu adanya sedikit pengetahuan mengenai dasar-dasar fisika (bisa ditinjau mengenai gaya "precession"). Bayangkan, kita ikat ban sepeda pada satu sisi sumbunya, lalu digantung. Maka pada keadaan tidak berputar, posisi ban sepeda tersebut akan horizontal, sekarang kita putar dengan kecepatan lumayan, maka ban sepeda tersebut akan berusaha bergerak naik ke atas pada posisi vertikal....Demikian pula cara kerja gyro (yang mekanik). Cukup mengenai sedikit teori.. :-)  Ada dua macam jenis gyro, elektronik & mekanik, dan parameter yang bisa di setting pada umumnya adalah :
  • Sensitivity : kepekaan gyro terhadap gerakan heli (umumnya 0....10)
  • Reverse Switch : jika gerakan tailrotor tidak sesuai dengan gerakan servo (artikel Helikopter), maka. servo dapat di reverse
  • Heading Hold : untuk menstabilkan heli pada posisi "middle-stick"
Saya anjurkan menggunakan yang elektronik (mis: piezo gyro), sehingga lebih kecil dan ringan, serta kebanyakan mempunyai fungsi yang lebih luas dibandingkan mekanik gyro.
Ni-Cd Charger (Alat Pengisi Baterai Ni-Cd) :
Ada puluhan atau bahkan ratusan charger yang bisa kita lihat di toko, tapi khusus untuk electric model, hanya charger tertentu saja (spesial untuk model RC) yang sebaiknya digunakan. Pada umumnya, prinsip kerja semua charge itu sama, alat ini dapat memberikan arus konstan dengan tegangan yang disesuaikan oleh beban (baterai), hanya untuk baterai RC, charger ini perlu mempunyai fasilitas-fasilitas tambahan, sehingga baterai dapat "diisi" dengan penuh/sesuai kapasitasnya. Adapun beberapa fasilitas yang umum adalah :
  • Mempunyai fungsi "quick-charge", biasanya 1A-5A (hati-hati dalam penggunaanya, harus disesuaikan oleh kapasitas baterai!!!, contoh : untuk Ni-Cd 2000 mAh pengisian dengan 4A tidak boleh melebihi 30 min!!!)
  • Adanya fungsi "discharge" (hingga 0,8V-1V per celll), sebelum pengisian baterai, sehingga tidak timbulnya memori-effek yang dapat mengurangi kemampuan baterai.
  • Adanya system "cut-off" jika suhu baterai melebihi temperatur yang telah di set sebelumnya (sekitar 45 derajatC)
  • Mempunyai kemampuan "doubble- input", baik dari 220V maupun 12V (aki mobil)
  • Auto-stop, jika baterai telah mencapai kapasitasnya
  • Adanya "display", yang menunjukkan arus dan tegangan, ketika sedang pengisian
  • Mempunyai kemampuan "voltage-regulator" sehingga memungkinkan pengisian baterai lebih dari 7 cellls.
Jika hanya mempunyai charger yang "biasa" saja, maka perlu adanya kontrol terhadap arus ke baterai (dengan multimeter) pada saat pengisian, pengosongan baterai dapat dilakukan dengan menggunakan 12V, 20W lampu motor (perhatikan untuk melepas lampu tersebut, jika voltage per celll sudah sekitar 0,8V), dan untuk pengisian baterai lebih dari 7 cellls, arus secara periodik perlu di kontrol, dan jika arus berkurang," charge-time" perlu diperpanjang. Baterai yang baik adalah merupakan suatu keharusan (terutama untuk electric heli), dan tanpa didukung oleh charger yang baik, maka kemampuan bateraipun tidak akan bisa optimal.
Storing (Motor Interference) :
Ini adalah salah satu hal yang paling sering dihadapi oleh para electric modeler, yaitu gangguan penerimaan pada receiver, sehingga servo dapat bergerak-gerak (sedikit atau kadang-kadang cukup banyak), tanpa adanya perintah dari control-stick, kita menyebutnya "Radio-Interference". Pada saat e-motor berputar dengan rpm tinggi, "brush" akan selalu mengeluarkan percikan api dan juga frekuensi, yang dapat mengganggu frekuensi dari transmitter (oleh karena itu receiver sebaiknya diletakkan jauh dari posisi motor), dalam keadaan tidak menguntungkan, pesawat/heli tidak dapat lagi dikontrol, dan akibatnya tentu "crash". Cara mengurangi interference ini adalah dengan memasang keramik kapasitor (biasanya 4,7 nF-100nF), pada negatif dan positif motor ke body. Sedikit secara teoritis bisa saya jelaskan, bahwa jika body motor tsb. kita anggap sebagai ground/minus, maka frekuensi tinggi yang dipancarkan oleh motor akan "dihubung-singkatkan" oleh kapasitor ke ground, berarti pancarannya akan diredam (reduksi). Oleh karena itu, pemasangan kondensator pada motor model electric adalah merupakan keharusan!!! Sebagai tambahan untuk mengurangi storing ini, juga dapat dilakukan :
  • Posisi receiver dipasang sejauh mungkin dari motor
  • Antena receiver jangan sampai digulung, tapi kalau bisa dibentangkan
  • Menggunakan extra coil/lilitan spesial untuk motor interference-reduction
  • Atau.... menggunakan receiver+transmitter dengan mode PCM (Puls Code Modulation)
Perlu diperhatikan dalam pemasangan kondensator ke motor, bahwa lokasinya harus sedekat mungkin dengan motor (kaki Cap. dipotong sependek mungkin!)



Volt-Timer :
Alat yang juga dapat cukup membatu jika kita menggunakan baterai charger sederhana adalah sebuah "Timer". Seperti yang telah diuraikan diatas, perlunya kita mematikan arus, jika baterai sudah tersisi penuh untuk mencegah kerusakan pada baterai. Dengan charger yang bagus (contoh computer-charger) hal ini akan dilakukan oleh alat tersebut secara otomatis (adanya peak-detector, temp-sensor, etc), tapi dengan charger sederhana (contohnya buatan sendiri), kita perlu menentukan lamanya waktu untuk charging, jadi dengan timer ini, listrik ke charger akan dimatikan sesuai dengan waktu yang telah kita set sebelumnya. Saya anjurkan utk menggunakan timer, jika kita melakukan charging dengan charger biasa.
Multimeter
Pengukuran tegangan atau arus listrik dapat dilakukan oleh sebuah multimeter. Alat ini sangat penting, terutama dalam proses "charging" & "discharging" baterai. Sebaiknya kita mempersiapkan sebuah "digital" multimeter, agar pembacaannya dapat lebih akurat. Minimum option yang dibutuhkan pada multimeter adalah :
AC & DC : 200 mV ~ 400V, DC : 200uA ~ 10A
Pengukuran "Volt" biasanya dibutuhkan kita pada proses "discharging" & "Ampere" pada saat proses "charging"